Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TIDAK STANDART SENPI DITARIK

Senin, 01 Juni 2015 Umum

TEMANGGUNG, Polres Temanggung menarik sedikitnya sembilan senjata api (senpi) yang digunakan anggota Polres Temanggung ke Bagian Sarpras karena dinilai sudah tidak standart.

 

    Wakapolres Temanggung Kompol Purwanto dikantornya Jum’at (29/5) mengatakan ada 31 pucuk senjata laras pendek diperiksa. Senjata tersebut merupakan inventaris perorangan untuk bertugas atau non organik satuan. Sifat pemeriksaan kali ini inspeksi mendadak sekaligus untuk mengetahui kesiapan dan kesigapan anggota.Setelah dilakukanpemeriksaan ada sejumlah senjata yang bagian popornya tidak sesuai standar, lalu ada kesalahan pengetikan nomor senjata tidak sesuai dengan suratnya dan ada senjata yang bagian bodynya rusak.
Dikatakan tujuan pemeriksaan senpi sendiri untuk mencegah penyalahgunaan oleh anggota. Kali ini berkaitan dengan operasi penegakan disiplin dari Ditpropam Polda Jateng. Selain bagian senjata dan surat-surat amunisi juga diperiksa. Setiap anggota yang memegang senjata dibekali 12 amunisi dan harus dipertanggungjawabkan. Bentuk senpi sendiri juga tidak boleh diubah. Namun, demikian, diakui jika senjata yang digunakan saat ini secara usia sudah tergolong uzur dan jika ada kerusakaan dikembalikan kepada Sarpras untuk diperbaiki. Setelah pemeriksaan akan dikomunikasikan dengan Sarpras dan Polda Jateng terkait perbaikan ataupun penggantian senpi bagi anggota.(Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait