Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GEMAWANG POTENSI BATU AKIK

Kamis, 18 Juni 2015 Umum

TEMANGGUNG, Wilayah Kecamatan Gemawang memiliki potensi akan batu akik, sehingga memberikan peluang  bagi warga  mendapat penghasilan dengan mencari batu akik.
     Salah seorang pecinta batu akik Bakir (38), warga Desa Dermonganti Kecamatan Gemawang mengatakan secara geografis di Kecamatan Gemawang memang terdapat banyak perbukitan dan sungai yang menyimpan berbagai jenis bebatuan. Sejak 3 bulan ini Bakir rajin mendulang batuan-batuan yang ada di daerahnya untuk disulap menjadi akik-akik yang indah sekaligus bernilai ekonomis, meski sebetulnya dirinya menyukai batu akik sejak sebelum ramai digemari banyak orang seperti sekarang ini. Sejak tahun 2010 saya sudah mendapatkan batu jenis lavender dari daerah sekitar Gemawang.
     Adapun jenis-jenis batu lain yang didapatkan Bakir dari daerah Kecamatan Gemawang dan sekitarnya adalah jenis bulu macan, atis, thitikan, dan lain-lain. Bakir juga mengungkapkan ada beberapa keistimewaan pada batu-batu asal Gemawang jika dibandingkan dengan daerah yang lain. Untuk jenis lavender, katanya, batu dari Gemawang teksturnya lebih keras dibanding dari daerah lain, sedangkan untuk batu jenis bulu macan, motifnya lebih menarik dan bervariasi.Ia menambahkan melihat potensi yang ada, Gemawang memungkinkan menjadi sentra  penghasil batu akik. (Hms15/Edy Laks)
 

Berita Terkait