Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HUTAN SINDORO TERBAKAR

Kamis, 18 Juni 2015 Umum

TEMANGGUNG, Hutan lindung di kawasan Gunung Sindoro yang masuk wilayah Kabupaten Temangung terbakar sejak Rabu (17/6), pagi. Petugas berupaya keras untuk memadamkan apai agar kebakaran tidak meluas.
      Kepala Bagian Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, Cahyono mengatakan, kawasan hutan yang terbakar berada di petak 10B1 Resor Pemangku Hutan (RPH) Kwadungan. Kawasan yang terbakar berupa semak belukar di punggung gunung. Kepulan asap diketahui sekitar pukul 09.00 WIB, kemudian petugas Perhutani berupaya naik untuk memadamkan api. Kita dibantu Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan para pecinta alam sekitar 30 personel.
      Penyebab terjadinya kebakaran Cahyono menduga dipicu ulah oknum pembuat arang di gunung yang memanfaatkan kayu. Hasil pantauan sementara luasan hutan yang terbakar sekita 4,5 hektar. Untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran serta dampak atau bahaya kebakaran pihaknya berencana akan menutup sementara jalur pendakian Gunung Sindoro. Upaya pemadaman sendiri masih terus dilakukan dengan cara konvensional. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait