Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

JUMLAH PENGAWAS SEKOLAH BERKURANG

Senin, 13 Juli 2015 Pendidikan

TEMANGGUNG, Jumlah pengawas sekolah di Kabupaten Temanggung saat ini jumlahnya berkurang menjadi 18 orang dari semula 45orang. hal itu disebabkan karena sebagian pengawas dioberhentikansementara karean tidak memenuhi angka kredit.
     Kabid Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan, Ahmad Saryono, dikantornya kemarin mengungkapkan, jumlah pengawas sekolah saat ini  tinggal 18 orang. sebelumnya  ada 45 orang namun 27 orang pengawas mulai 1 Juli lalu diberhentikan untuk sementara waktu selama setahun. Sebab, dalam jangka lima tahun terakhir ini mereka tidak mampu memenuhi angka kredit yang ditentukan sehingga tak bisa naik pangkat.
     Diutarakan pengawas sekolah yang diberhentikan sementara tersebut terdiri atas pengawas SD sebanyak 22 orang, pengawas SMP tiga orang, dan pengawas SMAdua orang. Mereka secara resmi telah diberhentikan sementara mulai 1 Juli 2015 hingga 1 Juli 2016, melalui surat keputusan bupati. Diungkapkannya, pemberhentian sementara pengawas itu mengacu ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21/2011 tentang pengawas sekolah. Serta, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 143/2014 tentang juknis angka kredit pengawas sekolah.
     Menurutnya, berdasar ketentuan kedua permen tersebut, seorang pengawas yang tidak bisa naik pangkat dalam kurun waktu 5 tahun setelah kenaikan pangkat terakhir di jabatannya karena tidak mampu memenuhi angka kredit yang ditentukan, maka yang bersangkutan harus diberhentikan sementara selama setahun. Waktu pemberhentian selama setahun itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada pengawas bersangkutan guna mengumpulkan atau mencukupi angka kredit yang ditentukan, sehingga memenuhi syarat naik pangkat. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait