Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HUTAN SUMBING SINDORO MENGERING

Jumat, 24 Juli 2015 Bencana

TEMANGGUNG, Hutan  kawasan gunung Sumbing dan Sindoro  denganluasan mencapai  100 hektar yang menjadi  jalur pendakian telah kering dan mudah terbakar. Oleh karena itu untuk mengantisipasi terjadimnya kebakaran  seluruh akes jalur pendakian  ditutup.
     Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Temanggung, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara Cahyono Kamis (23/07) mengatakan penutupan jalur pendakian sudah sejak awal kemarau dan pihaknya telah menyampaikan secara resmi pada pemerintah dan semua posko jalur pendakian. Diharapkan  tidak ada warga yang masuk dan mendaki gunung supaya aman.
     Dia mengatakan pertimbangan penutupan jalur yakni untuk  memelihara eksistem di gunung tersebut, sebab jika terjadi kebakaran dapat merusaknya. Selain kebakaran juga membahayakan keselamatan pendaki. penutupan ini demi kelestarian dan keselamatan manusia. Pasalnya kebakaran tidak hanya disebabkan karena percikan bunga api  puntung rokok atau sisa perapian namun, gesekan rumput dan ilalang pun bisa memicu  kebakaran hutan.
     Dia mengemukakan jalur pendakian ke Gunung Sumbing yang ditutup adalah jalur melalui Resor Pemangku Hutan (RPH) Kemloko, tepatnya melalui Desa Banaran, Kecamatan Tembarak, dan Desa Selopampang, Kecamatan Selopampang. Jalur pendakian ke Gunung Sindoro yang ditutup melalui Kledung dan Bansari.(Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait