Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB BANTU KURSI RODA UNTUK DIFABEL

Jumat, 07 Agustus 2015 Sosial

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Sosial bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, memberikan bantuan  alat bantu berjalan kursi roda bagi penyandang disabilitas atau cacat tubuh.
     Kepala Dinas Sosial Teguh Suryanto, dikantornya, Kamis (6/8) mengatakan,selain kursi roda pihaknya juga memberikan bantuan alat berupa krek, tripod, walker, dan tongkat besi. Pemberian bantuan dilakukan  sejak 2012 telah bekerja sama dengan LSM UCP (United Cerebral Plasy) Roda, Cabang Yogyakarta. Hingga saat ini, sudah ada 200-an kursi roda dan alat bantu lainnya tersebut, yang kami salurkan kepada penyandang disabilitas atau warga yang terkena suatu penyakit sehingga membutuhkan alat bantu itu untuk berjalan.
     Diungkapkannya, pada 2015 ini, ada 75 warga yang menerima peralatan bantu tersebut. Yakni, selain penyandang disabilitas, juga warga yang terganggu fungsi kakinya karena kecelakaan, terkena stroke, lumpuh, folio, gangguan syaraf, dan lain-lain. Menurutnya, Dinas Sosial bekerja sama dengan UCP Roda saat ini masih menyediakan alat bantu berjalan tersebut. Sehingga, apabila ada warga Kabupaten Temanggung yang membutuhkannya, bisa mendaftarkan diri guna menerima bantuan tersebut.
     Peralatan bantu itu, terutama untuk kursi roda, menggunakan desain khusus dan ukurannya sesuai kebutuhan calon pemakaianya. Karena itu, sebelum dibuat, harus dilakukan pengukuran terhadap calon penerimanya. Tidak seperti produk di pasaran, untuk kursi roda bantuan ini ditambah pula dengan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan, seperti meja makan atau belajar, bantalan untuk duduk atau bersandar, dan sebagainya. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait