Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BIAYA NIKAH NOL RUPIAH

Kamis, 13 Agustus 2015 Umum

TEMANGGUNG, Biaya pernikahan dikelompokkan menjadi dua, pertama tarif nol rupiah bagi siapa pun pasangan yang menikah dalam kantor KUA. Kelompok kedua tarif Rp 600 ribu bagi yang menikah di luar kantor atau di masyarakat lebih dikenal dengan istilah mbedhol.
     Penghulu KUA Temanggung, Muhammad Ansori dikantornya Selasa (11/8) mengatakan,tarif akad nikah sebesar Rp 600 ribu itu tidak membayar kepada penghulu atau KUA akan tetapi membayar secara resmi melalui bank dan langsung masuk ke kas negara. Bukti setoran itu lalu ditunjukkan sebelum akad nikah dilangsungkan.
     Terkait dengan pasangan yang melangsungkan pernikahan diutarakan usai Lebaran setelah masuk bulan Syawal jumlah pasangan yang mengajukan syarat menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Temanggung menunjukkan peningkatan dibanding bulan sebelumnya. tercatat ada 42 pasangan baik yang telah atau akan melangsungkan akad nikah. Meski ada peningkatan tajam tapi jumlah itu masih kalah dengan pernikahan di bulan Syaban yang mencapai 59 pasang. Dikatakan, bahwa secara umum bulan Dzulhijah menjadi favorit masyarakat untuk melangsungkan pernikahan, bahkan bisa mencapai 100 pasangan lebih. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait