Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

13 DESA MINTA BANTUAN AIR

Kamis, 13 Agustus 2015 Bencana

TEMANGGUNG, 13 Desa  yang tersebar di sejumlah kecamatan mengajukan permohonan banguan air bersih. Hal itu dilakukan karena warga kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan.
     Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agus Sudaryono, dikantornya, Rabu (12/8) mengatakan, 13 desa yang meminta bantuan air bersih tersebut adalah, Desa Tlogopucang dan Wadas di Kecamatan Kandangan, kemudian Desa Tepusen, Keblukan, Kalimanggis, dan Kemiri di Kecamatan Kaloran. Berikutnya, Desa Jamusan (Kecamatan Jumo) Sidoharjo (Candiroto), Kledung (Kledung), Candimulyo (Kedu), Pagergunung (Pringsurat), dan Purwosari (Kranggan).
     Diungkapkan rata-rata setiap pekan ada satu desa yang mengajukan bantuan air bersih itu. Kebanyakan bantuan air yang diminta tiap-tiap desa itu, guna disalurkan ke satu dusun, namun dengan beberapa rukun tetangga atau RT. Hampir setiap pekan jumlah desa yang mengajukan permintaan bantuan air bersih ke Pemkab terus bertambah.
     Diungkapkannya, saat ini ada tiga armada truk tangki yang digunakan untuk menyalurkan bantuan air bersih itu, yakni milik PDAM Tirta Agung, PMI Temanggung, dan BPBD sendiri. Dalam sehari, rata-rata truk tangki tersebut mampu menyalurkan air bersih tiga kali. Setiap desa yang meminta bantuan air bersih itu, dalam seminggu menerima dua hingga tiga tangki penyaluran, disesuaikan dengan jumlah warganya. Adapun dari penyaluran kali pertama hingga akhir pekan lalu, atau kurang lebih selama sebulan. Jumlah bantuan air bersih yang dikirimkan 147 tangki. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait