Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

UPACARA DITENGAH KEBUN TEMBAKAU

Selasa, 18 Agustus 2015 Umum

TEMANGGUNG, Banyak cara dilakukan warga masyarakat dalam memaknai  peringatan HUT Kemerdekaan ke 70 Republik Indonesia. Salah satu diantaranya apa yang dilakukan petani tembakau di Desa Ngimbrang Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung menggelar upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke 70 di tengah kebun tembakau  Senin kemarin  (17/8).
     Upacara diikuti para petani yang saat itu tengah beraktifitas di ladang. Mereka bergegas menuju tempat upacara setelah dipanggil seorang perangkat desa dengan memukul kentongan. Alat pertanian, seperti sabit, cangkul, alat semprot, bahkan daun tembakau yang tengah dipetik turut dibawa ke lapangan upacara. Mereka pun berbaris rapi siap mengikuti upacara.
     Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Desa Jones Haryono dihadiri para perangkat desa dan tokoh-tokoh masyarakat. Upacara ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh petugas yang berpakaian petani diiringi lagu Indonesia Raya. Selain itu dilaksanakan pembacaan UUD 1945 dan  teks proklamasi.
     Kepala Desa Jones Haryono mengatakan upacara bendera sebagai bukti rasa nasionalisme petani tembakau di Kabupaten Temanggung. Petani bekerja keras mengisi kemerdekaan sesuai dengan keahlian dan dunianya.  Para petani berharap Bangsa Indonesia yang tahun ini genap berusia 70 tahun semakin maju dan berkembang  sehingga kesejahteraan warga termasuk para petani meningkat. Usai upacara petani kemudian kembali beraktifitas di lahan, seperti meneruskan menyemprot, menyiangi tanaman dan memetik tembakau. Sedang sebagian ada yang istirahat sejenak dengan makan nasi megono dan minum. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait