Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

TANGGAP KEKERINGAN

Senin, 24 Agustus 2015 Umum

TEMANGGUNG, Pada musim kemarau tahun ini sejumlah desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Temanggung mengalami kekeringan. Bencana tersebut mengundang keprihatinan Gerakan Pemuda  (GP) Ansor  Jawa Tengah.
     Wakil Ketua GP Ansor Jateng Yami Blumut dalam siaran persnya meminta seluruh jajarannya agar peduli terhadap bencana kekeringan. Pimpinan Wilayah GP Ansor pun telah menginstruksikan agar anggotanya melakukan pendataan terhadap kabupaten/kota yang dilanda kekeringan. Dikatakan sehubungan dengan dampak el nina yang menyebabkan kesulitan air maka kami instruksikan Pimpinan Cabang GP Ansor se Jateng pada umumnya dan eks Karesidenan Kedu pada khususnya untuk segera melakukan pendataan kawasan kekeringan.
     Dikatakan, setelah melakukan pendataan diminta untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta berbagai instansi agar sehera melakukan droping air bersih. Berbagai langkah antisipasi pun harus segera dilakukan mengingat el nino diperkirakan baru akan berakhir sekitar bulan November mendatang.
     Menurut Yami, dampak el nino sendiri sangat luas, sebab tidak hanya mengakibatkan krisis air bersih tapi ada potensi kebakaran hutan. Untuk itu, kepada Ansor dan Banser juga dituntut harus mampu memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada agar tidak sembarangan membuat api atau meninggalkan api di lokasi yang mempunyai potensi kebakaran tinggi. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait