Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DEBIT AIR SIGANDUL 71 LITER PERDETIK

Senin, 24 Agustus 2015 Umum

TEMANGGUNG, Di komplek pembangunan jembatan Sigandul Desa Tlahap Kecamatan Kledung mengeluarkan sumber mata air dengan kapasitas cukup besar mencapai 71 liter perdetik.  Sumber mata air tersebut menurut rencana bakal di manfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mudal Temanggung guna mencukupi kebutuhan warga.
     Direktur PDAM Tirta Mudal, Edi Sucahyo di kantornya Senin (24/8) mengatakan sumber mata air Sigandul yang ditemukan pada proses pembangunan Jembatan Sigandul tahap I telah dilakukan penelitian geolistrik dengan menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Hasil penelitian menyebutkan debit sumber mata air Sigandul jika dieksploitasi bisa mencapai 71 liter per detik. Pemanfaatan nantinya dengan cara alami, yakni pemanfaatan hanya yang keluar saja. Dengan begitu tidak ada menggaggu sumber air lain yang ada di sekitar tempat tersebut. Dia menegaskan warga tidak usah khawatir, dengan adanya isu akan keringnya sumber air yang ada saat ini, jika ada pemanfaatan sumber air Sigandul.
     Menurutnya mata air Sigandul ditemukan secara tidak sengaja dalam proses pembangunan Jembatan Sigandul tahap I, saat dilakukan pengeboran tiang pancang justru keluar sumber air yang cukup deras. Saat itu Bupati langsung meminta PDAM membuat suatu kajian pemanfaatannya. Jika hasil penelitian menyebut merugikan warga, yakni akan membuat sumber mata air kering maka tidak akan dimanfaatkan.
     Diharapkan, adanya tambahan sumber air tersebut nantinya pelayanan air PDAM Tirta Mudal pada pelanggan bisa lebih maksimal. Seperti diketahui, pada musim kemarau saat ini, dari 21 mata air yang dimanfaatkan PDAM, rata-rata debit airnya mengalami penurunan sekitar 30 persen. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait