Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DENDA TILANG BERAGAM

Kamis, 03 September 2015 Umum

TEMANGGUNG, Pelanggar lalu lintas dikenakan denda yang besarannya beragam sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan. Pengenaan denda bertujuan untuk member efek jera agar pelanggar tidak mengulangi perbuatannya melanggar aturan lalu lintas agar terwujud Kamtibcarlantas.
     Hal itu dikemukakan kasat Lantas Polres Temanggung AKP Finan Sukma Radita disela-sela memimpin operasi pelanggaran lalu lintas di seputaran tugu Adipura depan Kantor Setda Temanggung baru-baru ini. Dalam operasi tersebut sedikitnya menjaring 200 pelanggar  yang didominasi pengendara sepeda motor, dengan jenis pelanggaran tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, kendaraan tidak laik jalan dan sebagian pelajar yang belum memenuhi syarat sebagai pengendara kendaraan bermotor.
     Ia mengatakan operasi ketertiban lalu lintas untuk memberikan efek jera pada masyarakat sehingga mereka mematuhi aturan dalam berkendara. Operasi juga untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Mereka para pelangar dikenai tilang dan diwajibkan mengikuti sidang di PN Temanggung. Dia mengatakan pasal yang dikenakan jaksa penuntut umum mayoritas pasal 281, 288 dan 285 UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas, dengan denda yang dikenakan beragam disesuaikan jenis dan banyaknya pelanggaran. Denda tilang mulai Rp 40 ribu, ini disesuaikan dengan jumlah pelanggaran. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait