Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

21 SUMBER AIR ANDALAN PDAM

Senin, 21 September 2015 Umum

TEMANGGUNG, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Agung Kabupaten Temanggungmengandalkan 21 sumber mata air yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan.
     Kabag Administrasi dan Keuangan PDAM Tirto Agung, Lambang Megawanto dikantornya Rabu (16/9) mengatakan hingga saat ini tercatat ada 21 sumber mata air yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan. ke 21 sumber mata air tersebut tersebar di sejumlah kecamatan . Dari 21 sumber air dalam kondisi normal debitnya  mencapai 358 liter per detik, saat ini debit air tinggal 300 liter per detik akibat musim kemarau.
     Penurunan debit air paling parah hingga 50 persen terjadi di sumber air Tuk Mulyo.Pada kondisi normal, katanya debit air di Tuk Mulyo mencapai 75 liter per detik, saat ini tinggal 35 hingga 40 liter per detik. Adapun penurunan debit di 20 sumber air lainnya sekitar 10 hingga 15 liter per detik. Penurunan debit air Tuk Mulyo membuat pelayanan kepada 11.000 pelanggan PDAM di Kecamatan Temanggung terganggu. Aliran air ke pelanggan mengecil, tetapi belum sampai mati total karena masih dibantu aliran dari mata air lainnya.
     Secara umum, PDAM  berupaya mengatur aliran air agar ada pemerataan dalam distribusi  kepada pelanggan. Dihimbau kepada  pelanggan untuk memiliki bak air yang bisa digunakan untuk menampung air pada malam hari. Pada beban puncak pagi hari, semua pelanggan membuka kran air sehingga ada kran tidak mengalir airnya. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait