Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SULIT AIR, BANGUN SUMUR BOR

Selasa, 22 September 2015 Bencana

TEMANGGUNG, Untuk mengatasai kesulitan, mendapatkan air bersih pada musim kemarau, Pemkab temanggung membangun dua sumur bor masing-masing untuk Desa Tlogopucang kandangan dan Kemloko Kaloran.
     Kepala DPU Kabupaten Temanggung, Pardiyono, dikantornya Senin (21/)  mengatakan sumur bor di Tlogopucang dan Kemloko dibuat dengan dana APBN 2014, sekarang sudah jadi dan siap digunakan. Selain di dua desa tersebut sumur bor juga dibangun di Desa Jamusan Kecamatan Jumo, dan Desa Wonokerso Kecamatan Tembarak. Untuk dua desa tersebut pembangunan sumur bor masih dalam proses pembuatan karena baru dianggarkan pada 2015.
     Ia mengatakan setiap satu sumur bor membutuhkan anggaran sekitar Rp 300 juta. Untuk membuat sumur bor itu, pihaknya menggali tanah hingga kedalaman 80 meter sampai 100 meter. Menurut dia sumur bor di Tlogopucang dan Kemloko menghasilkan sumber air dengan debit masing-masing lima liter per detik. Karena debit yang kecil itu, satu sumur bor hanya bisa dimanfaatkan untuk sekitar 50 keluarga.
     Desa Tologucang merupakan salah satu desa yang mengalami krisis air bersih setiap musim kemarau. Di desa ini ada delapan dusun yang semuanya mengalami kekeringan. Untuk mencukupi kebutuhan air dilakukan pengedropan oleh kantor BPBD danpihak ketiga yang peduli seperti bank Sariah. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait