Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HEWAN KURBAN DITITIPKAN

Senin, 28 September 2015 Umum

TEMANGGUNG, Pada pelaksaaan penyembelihan hewan kurban dalam hari raya idul kurban tahun ini, tidak sedikit hewan kurban sebelum disembelih dititipkan pada seseorang. Hal itu lantaran kesulitan pakan teriak akibat kemarau  sehingga panitia tak sanggup untuk mencari rumput pakan.
     Beberapa panitia hewan kurban di Parakan, Jum’at (25/9) menyebutkan, harga hewan  menjelang hari raya kurban ada kenaikan mengingat banyak pembeli. Selain itu, kenaikan hewan kurban juga akibat ongkos pakan untuk hewan kurban yang dititipkan oleh pembeli.Kalau pembeli langsung membawa pulang hewan kurban, harganya lebih rendah, sementara  bila hewan itu tetap dititpkan dan diambil hari H penyembelihan maka pembeli dibebani ongkos pakan.
     Sunoto (50)  salah seorang panitia menyebutkan,  hewan yang tak langsung diambil pembeli atau dititipkan kepada petani (pedagang) biasanya ditambah ongkos pakan Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Hal itu tergantung lama atauntidaknya jangka waktu penitipan hewan kurban tersebut, karena pakan ternak juga masih sulit. Dipaparkan, jika harga kambing kurban sebesar Rp 1,5 juta per-ekor maka ditambah 50 ribu untuk ongkos ngarit. Hal itu juga berlaku terhadap hewan kurban sapi, bila harganya Rp 9,1 juta per-ekor ditambah ongkos pakan Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait