Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

GURU BAHASA INDONESIA DIGEMBLENG MEMBACA

Senin, 28 September 2015 Pendidikan

TEMANGGUNG, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggembleng puluhan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia setingkat SMP, baik swasta maupun negeri, melalui program Gemar Membaca Rajin Menulis (Gemarame) di aula SMP Negeri 2 Temanggung akhir pekan lalu.
     Koordinator Pembinaan Bahasa dan Sastra Balai Bahasa Jawa Tengah, Karyono mengungkapkan, kemampuan membaca dan menulis sangatlah penting. Terutama bagi guru yang merupakan sosok sentral dalam dunia pendidikan. Dengan kemampuan membaca yang baik, maka seseorang mampu menjadi individu andalan. Karena,  mendapat pengetahuan secara lebih luas, bahkan di berbagai belahan dunia.
     Dengan program Gemarame, ia berharap akan muncul dorongan dan rangsangan bagi para guru yang nantinya akan menularkan kepada anak didik masing-masing. Hal tersebut termasuk salah satu bentuk tanggung jawab dalam merancang kualitas pribadi generasi penerus.
     Menurutnya dari data yang ada, kesadaran membaca maupun menulis di Indonesia tergolong masih rendah. Jadi perlu adanya rangsangan agar mampu bersaing dengan negara-negara lain.
     Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Temanggung, Darmadi menambahkan, dengan program ini, Disdik berharap agar minat menekuni dunia sastra masyarakat, diawali oleh kalangan pelajar dapat mengalami peningkatan.Disamping itu  ditekankan  selepas program ini, para guru dapat membuktikan secara nyata adanya peningkatan kemampuan berbahasa, terutama dalam menulis. Yang mana hal ini dapat langsung ditularkan kepada peserta didik masing-masing. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait