Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PROFESIONALITAS GURU

Senin, 28 September 2015 Pendidikan

TEMANGGUNG, Guna meningkatkan profesionalitasnya, serta sebagai syarat untuk keperluan kenaikan pangkat, para guru SMP 1 Kedu mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK). Selanjutnya PTK tersebut diseminarkan untuk bisa dikaji secara akademis. Kepala SMP1 Kedu, Eko Budi Setyawan, di kantornya  mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menyikapi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam peraturan menteri tersebut terdapat ketentuan, guru berkewajiban meningkatkan profesionalismenya, yang ditandai dengan meningkatkan angka kredit. Untuk mendapatkan angka kredit tersebut, salah satunya ialah dengan melakukan PTK ini. PTK merupakan upaya meningkatkan profesionaitas guru. Juga, bertujuan menemukan metode mengajar yang tepat, sehingga diharapka hasil belajar para siswa lebih optimal.
     Diutarakan penelitian tindakan kelas merupakan langkah untuk mencapai profesionalitas mereka. Meski demikian, guru yang sedang melakukan penelitian itu juga jangan sampai mengesampingkan tugas utamanya, yakni mengajar.
     Adapun penyaji dalam seminar tersebut adalah, Tri Windu Astuti (guru Matematika), Ismartanti (IPA), Air Titik Wardhani (IPA), Effi Kurniasih (Bahasa Indonesia), dan Susi Meidarti (Seni Budaya). (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait