Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DANA SIAP PAKAI UNTUK DROPING AIR

Senin, 05 Oktober 2015 Bencana

TEMANGGUNG, Lantaran Dana dari sumber APBD 2015 dan dana pertanggungjawaban sosial perusahaan atau coorporate sosial responsibility (CSR) berbagai perusahaan, yang dikelola pemkab telah habis, maka untuk keperluan penyaluran bantuan air bersih menggunakan dana siap pakai (DSP) dari sumber APBN 2015.
     Kepala Pelaksana Harian BPBD, Agus Sudaryanto, dikantornya, Kamis (1/9)  kemarin mengakui, untuk keperluan pemberian bantuan air bersih kepada warga di daerah kekeringan yang memerlukannya tersebut, telah disediakan anggaran dari APBD 2015. Yakni, untuk pengadaan atau penyaluran air bersih sebanyak 250 tangki.
     Selain itu, pihaknya juga menerima bantuan air bersih dari sejumlah organisasi sosial, serta dana CSR dari berbagai perusahaan/ perbankan. Keseluruhan bantuan air bersih yang telah disalurkan BPBD kepada penerimanya itu, kurang lebih sebanyak 500 tangki.
     Namun demikian, sambungnya, hingga sumber dana APBD 2015 dan sumbangan berbagai pihak, termasuk CSR sejumlah perusahaan/perbankan habis, ternyata musim kemarau masih berlangsung, dan bantuan air bersih masih diperlukan. Bahkan, desa-desa yang minta bantuan air bersih itu kian bertambah. Desa yang meminta bantuan air bersih bertambah, bahkan yang saat musim kemarau tahun lalu tidak minta, saat ini sudah mengajukan permohonan bantuan air bersih. Seperti Desa Bansari, Kecamatan Bulu dan Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu.
     Karena itu, lanjut Agus, mulai pertengahan September lalu, BPBD mulai menggunakan anggaran APBN, yakni dari pos DSP untuk keperluan penyaluran bantuan air bersih tersebut.Keseluruhan bantuan air bersih yang dialokasikan dari DSP sebanyak 400 tangki. Menurutnya, bantuan air bersih sebanyak 400 tangki tersebut hanya dialokasikan hingga akhir Oktober. Dengan perkiraan, pada akhir Oktober nanti sudah tiba musim hujan, sehingga desa-desa sudah tidak mengalami kekeringan, dan tidak perlu bantuan air bersih lagi. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait