Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SUMUR KELUARKAN GAS BERACUN

Selasa, 06 Oktober 2015 Bencana

TEMANGGUNG, Hati-hati bagi warga yang akan menguras sumur karena tidak menutup kemungkinan sumur mengandung gas beracun yang mematikan. Oleh karena itu bila akan kuras sumur hendaknya dicek dulu guna memastikan sumur aman dari gas beracun.
     Kekuranng hati-hatian dalam menguras sumur dialami Budiwiyono (37) warga Desa Selosabrang Kecamatan Bejen ditemukan tewas di dalam sumur dengan kedalaman 20 meter, baru-baru ini. Budi ini meninggal diduga karena menghirup gas beracun di sumur tersebut. Saat menguras Budiwiyono tidak sendirian. Saat itu bersama Suroyo dan Mus rekan kerjanya sedang menguras sumur milik Sudarman (45).
     Kasi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi mengatakan sejak pukul 14.30 WIB, Budiwiyono bersama dua rekannya ini menguras sumur, setidaknya sudah menaikan tanah sebanyak enam kali. Kemudian sekitar pukul 15.15 WiB tiba-tiba Budiwiyono yangberada di bawah berteriak minta tolong. Lalu rekannya Suroyo (27), dan Mus mencoba menolong. Tapi, saat turun ke sumur sudah berbau gas lalu naik lagi dan minta bantuan.
     Menurut dia, rekan-rekan korban yang merasa tidak mampu menolong segera meminta bantuan dan melapor ke Polsek Bejen dan Koramil. Lalu beberapa saat kemudian tim SAR datang untuk memberikan pertolongan dengan cara turun ke dasar sumur. Namun, sesampai di bawah mendapati korban sudah tidak bernyawa dan jasad berhasil di evakuasi pukul 18.15 WIB lalu dibawa ke Puskesmas Bejen.
     Kapolsek Bejen Iptu Edi Istanto menuturkan, Tempat Kejadian Perkara (TKP), sumur itu berada di bagian belakang bekas peternakan ayam milik Sudarman (45). Semula korban bersama rekan-rekannya bermaksud hendak menguras sumur agar diperoleh air yang bagus. Namun, belum selesai melakukan pengurasan malah muncul gas beracun hingga menewaskan pria naas ini. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait