Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SYUKURAN HAJI 2015

Selasa, 27 Oktober 2015 Keagamaan

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temangung menyelenggarakan acara tasyakuran haji tahun 2015 di Graha Bhumi Phala Senin (26/11). Acara dihadiri Bupati Bambang Sukarno, pejabat FKPD dan pejabat terkait serta diikuti para jamaah haji tahun 2015.
     Bupati Bambang Sukarno dalam sambutannya mengatakan beribadah haji merupakan panggilan dari Allah SWT guna menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Kepada para jamaah sekembalinya menunaikan ibadah haji dari tanah suci Makkah Almukaromah semoga menjadi haji yang mabrur sehingga  keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT meningkat. Disamping itu  juga menyampaikan ucapan terima kasih  kepada para jamaah haji yang telah mendoakan untuk Temanggung yang berkah, aman, tentram dan damai.
     Syukuran haji diisi siraman rokhani oleh KH Hasyim Afandi yang mengatakan berangkat menunaikan ibadah haji harus dilandasi dengan  kesabaran yang tinggi, niat hati yang suci. Dengan demikian ibadah haji bisa dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga mendatangkan kepuasan beribadah dan  berpredikat haji mabrur.
     Menurutnya dengan dilandasi niat hati yang suci semata-mata untuk beribadah, ibadah haji yang dilaksanakan akan mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT. Diutarakan kesempatan menunaikan ibadah haji merupakan undangan dari Allah, karena undangan berarti pilihan dari  ribuan umat Islam  di Temanggung. Karena dipilih lanjutnya, berarti suatu kehormatan dan sudah barang tentu memerlukan pengorbanan.
     “Setelah selesai beribadah haji hendaknya para jamaah lebih tekun beribadah guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada allah SWT. Selain itu juga memiliki kepekaan sosial yang tinggi guna membantu sesama umat,“ pintanya.
     Kepala Bagian Kesra Setda Temanggung Safrudin Dato menjelaskan jumlah  jamaah  yang berangkat haji tahun 2015 sebanyak 718 orang. Mereka  berangkat menunaikan ibadah haji di tanah suci  Arab Saudi tanggal 31  Agustus dan 1 September 2015 silam. Para jamaah tersebut masuk dalam tiga kelompok terbang (kloter) Yakni, kloter 31 bersama dengan jamaah haji asal Kabupaten Magelang, dan kloter 31 (mandiri), berangkat pada Senin (31/8). Serta, kloter 33 bersama dengan jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo, berangkat Selasa (1/8). Dari 718  jamaah haji  ada 2 orang  yang meninggal dunia di Arab Saudi  sehingga  keseluruhan  jamaah haji yang pulang ke Temanggung 716 orang. (Hms15/Edy Laks)

Berita Terkait