Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENUMPANG BUS AKAP MENINGKAT

Selasa, 05 Januari 2016 Umum

TEMANGGUNG, Pada musim liburan sekolah, natal dan tahun baru 2016, jumlah penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP), dari Temanggung menuju sejumlah kota di Indonesia mengalami peningkatan hingga 50 persen. Adanya peningkatan ini membuat pengelola bus terpaksa menambah armada untuk mengangkut penumpang yang sudah memesan tiket.
     Staf PO Bus Safari Dharma Raya, Sri Sudarwati, kemarin.mengatakan ada peningkatan sekitar 50 persen, sehingga menambah jumlah armada untuk mengantisipasi adanya peningkatan jumlah penumpang. Rata-rata penumpang ini melakukan perjalanan ke sejumlah kota tujuan wisata di antaranya, Jakarta, Denpasar dan Mataram. Sebaliknya, penumpang dari Jakarta yang hendak pulang kampung atau berlibur ke Temanggung juga tidak kalah banyaknya.
     Penambahan armada sendiri katanya, diperuntukan pada tanggal 27, 28, dan 29 Desember sebanyak satu bus. Biasanya rata-rata diangkut tujuh unit bus. Meski untuk pemberangkatan 29 Desember belum habis dipesan, tapi pihaknya tetap mengirim armada tambahan untuk mengangkut penumpang dari Jakarta ke Temanggung. Ketika ditanya soal tarif, ia mengungkapkan, tetap memberlakukan tarif  yang berlaku selama ini dan tidak dinaikkan. Untuk tarif bus eksekutif masih dipatok Rp210 ribu per penumpang, bus super eksekutif Rp270 ribu per penumpang, bus patas masih Rp150 ribu per penumpang, dan bus non AC Rp 125 ribu per penumpang.
     Terpisah, petugas agen bus Yliyanto  di Terminal Madureso Temanggung, Dwi Lestari mengatakan, penjualan tiket bus Handoyo, Santoso, dan Maju lancar juga mengalami peningkatan rata-rata 20 persen dibanding hari biasa. Mereka memilih tujuan ke Jakarta dan Denpasar.Ia menuturkan, dibanding musim liburan tahun 2014 lalu, peningkatan penumpang tahun 2015 ini lebih tinggi sekitar 12 persen, selain itu juga tidak ada penambahan armada. (Hms15/Edy Laks )

Berita Terkait