Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SITUS LIYANGAN TERGANJAL LAHAN

Rabu, 03 Pebruari 2016 Umum

TEMANGGUNG, Pengembangan situs Liyangan yang berada di Dusun Liyangan Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo terganjal pengadaan tanah. Sebelumnya, anggaran pengadaan tanah tersebut sudah diajukan, namun hingga saat ini belum juga disetujui oleh kalangan DPRD untuk tahun anggaran 2016 ini.
     Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto,dikantornya  Senin (1/2/2016)  mengatakan, untuk pengadaan tanah di situs tersebut, pada tahun anggaran 2016 ini telah diajukan sebesar Rp600 juta. Namun pada pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada akhir tahun 2015 lalu belum disetujui.Dengan belum disetujuinya, lanjut dia, sehingga membuat pengembangan situs Liyangan di tahun 2016 ini akan mengalami kendala. Padahal berdasarkan pemetakan yang dilakukan oleh Balai Arkeologi (Ballar) dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jogjakarta, setidaknya situs Liyangan membutuhkan pembebasan tanah sekitar 13-15 hektar dari candi utama yang sudah ditemukan saat ini.
     Dikatakan, pemkab tidak akan bisa melakukan ekskavasi di tanah yang statusnya masih milik warga, sebab bisa menimbulkan pro kontra di antara masyarakat dengan pemerintah.Tanah harus dibebaskan terlebih dahulu, baru bisa ekskavasi. Hasil pemetakan menunjukkan bahwa, bagian dari situs ini berada di tanah milik warga.(Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait