Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

DITERJANG LESUS 11 RUMAH RUSAK

Selasa, 16 Pebruari 2016 Bencana

TEMANGGUNG, Musibah bencana alam serangan angin lesus beberapa waktu lalu melanda  wilayah  Desa Tretep Kecamatan Tretep,yag mengakibatkan 11 rumah milik warga  rusak.
    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Agus Sudaryono di kantornya Senin  (15/2)  menjelaskan, dari kesebelas rumah tersebut tiga di antaranya mengalami kerusakan sedang dan delapan sisanya hanya rusak ringan.Para penghuni ketiga rumah masing-masing milik Ponari, Junaedi, dan Supandi kini telah diungsikan ke rumah saudara dan tetangga yang lebih aman. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Rumah dengan kategori kerusakan sedang menderita kerugian masing-masing Rp. 15 juta, dan rumah dengan kerusakan ringan masing masing di bawah Rp. 10 juta.
    Usai kejadian, pihak BPBD langsung menyalurkan bantuan berupa bahan bangunan rumah (BBR) bagi yang menderita kerugian di bawah Rp. 5 juta dan santunan sosial berupa uang tunai bagi yang menderita kerugian Rp. 5 juta-Rp. 10 juta. Diungkapkan peristiwa ini menjadi bencana angin puting beliung pertama yang terjadi di Kabupaten Temanggung tahun 2016. Menurutnya, Kecamatan Tretep merupakan salah satu wilayah rawan di antara beberapa wilayah lain yang sama berpotensi. Di antaranya Kecamatan Bulu, Kedu, Temanggung, Tlogomulyo, Selopampang, Parakan, Bansari, Ngadirejo, dan Kledung yang terletak di lereng gunung.
    Oleh karena itu agar terhindar dari bencana angin puting beliung, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berteduh dan memarkir kedaraan di bawah pohon besar saat hujan akan turun. Selain itu, ia juga meminta agar ranting-ranting besar pada pohon untuk segera ditebang. Terakhir, bagi siapapun agar memperkokoh konstruksi bangunan sesuai standar SNI, terutama atap saat mendirikan bangunan baru.(Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait