Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

51 Milliar Untuk Perbaikan Jalan

Selasa, 23 Pebruari 2016 Umum

51 Milliar Untuk Perbaikan Jalan

TEMANGGUNG,  Pemkab temangung pada tahun anggaran 2016 ini menganggarkan Rp. 51 miliar lebih untuk biaya memperbaiki jalan yang rusak. Kurang lebih 220 km jalan saat ini kondisinya rusak berat, sedang, dan ringan.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Supardiyono  di kantornya, Jum’at (19/2)  mengatakan, jalan kabupaten yang sebagian besar di wilayah pedesaan tersebut, setiap tahun selalu dilakukan perbaikan oleh pemkab, sehingga saat ini 70 persen kondisinya baik, dan masih 30 persen yang rusak.
Diungkapkannya, jalan-jalan kabupaten mengalami kerusakan bisa karena berbagai hal. Antara lain karena pengaruh alam, seperti jalan terlalu sering terkena air hujan deras atau banjir, serta lantaran beratnya beban lalu lintas dari kendaraan yang melewati jalan tersebut.
Pada tahun anggaran 2016 ini, pihaknya mengelola anggaran Rp .51 miliar lebih untuk perbaikan jalan kabupaten yang rusak tersebut. Yakni, untuk perbaikan jalan melalui kegiatan peningkatan jalan sebesar Rp. 43,5 miliar lebih, dan untuk program pemeliharaan lewat kegiatan pemeliharaan jalan Rp. 7,5 miliar. Di samping itu, pihaknya juga mengelola anggaran untuk kegiatan pelebaran jalan kabupaten senilai Rp. 15 miliar lebih. Pelebaran tersebut akan dilaksanakan di sejumlah ruas jalan yang saat ini dinilai sudah terlalu sempit seiring dengan padatnya jumlah kendaraan bermotor yang memanfaatkan jalan setempat.
Diungkapkan anggaran untuk tiga kegiatan tersebut berasal dari dana alokasi khusus atau DAK dari pusat, bantuan gubernur, dan anggaran daerah dalam APBD. Mengingat angaran yang terbatas sementara ruas jalan yang mesti dperbaikibanyak banyak pemanfaatannya berdasarkan skla prioritas, yang rusak parah didahulukan. (Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait