Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PESTA SIAGA KWARCAB 11.23

Minggu, 06 Maret 2016 Pendidikan

TEMANGGUNG, Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.23 Temanggung  selama 1 hari Sabtu  5/3)  menggelar Pesta siaga tingkat Kabupaten Temanggung tahun 2015  yang dipusatkan di Komplek SMP 6 Temanggung.  Pesta siaga dibuka oleh Ketua Kwarcab Drs. Bambang Arochman, MM yang juga menjabat sebagai sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung dalam upacara pembukaan ditandai pelepasan balon Jambore Cabang 11.23 Temanggung dan hadir pula pejabat  terkait.
     Dalam sambutanya Bambang Arochman mengatakan bahwa pesta siaga dilaksanakan untuk memberikan pendidikan berkarakter. Pesta siaga juga sebagai sarana untuk menjalin persaudaraan, menambah teman, memperluas wawasan dan pengalaman baru. Selain itu, juga sebagai media untuk mengasah pengetahuan  dan ketrampilan kepramukaan, memupuk kekompakan, membentuk watak dan mental  yang kuat serta melatih sikap bakti pada masyarakat.
     “Peserta pesta siaga juga sebagai pembentengan diri dari pengaruh narkoba, tambahnya.
     Panitia Pesta siaga kwarcab 11.23 dalam laporannya yang dibacakan Subardi, SPd selaku sekretaris panitia melaporkan, pesta siaga diikuti 20 Kawrtir ranting dari 20 Kecamatan. Masing-masing kwaran mengirimkan 1 barung putra dan 1 barung putri, setiap barung beranggotakan 10 orang sehingga keseluruhan peserta 400 orang. kegiatan  yang dilaksanakan meliputi  berbagai bentuk permainan edukatif, dengan ketentuan  setiap barung harus mengikuti kegiatan di kedai (pos) yang telah disetiapkan oleh panitia.
     Materi kegiatan yang di ujikan antara lain kemampuan memiliki Imam dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemampuan menunjukkan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan, kemampuan memiliki kepedulian sesama hidup dan lingkungan, Cinta Tanah Air dan Budaya Indonesia, semua materi dikemas dalam bentuk kegiatan yang menantang, menarik dan menyenangkan sehingga semua perseta tidak bosan dalam mengikutu rangkaian semua kegiatan.
     Dari semua rangkaian kegiatan yang ikuti semua barung akan dambil tergiat 1 sampai  tergiat harapan 3 barung putra maupun putri. Barung tergiat 1, 2 dan 3  putra maupun putri berhak mewakili Kabupaten Temanggug dalam  pesta siaga  tingkat Korwil Kedu 19 Maret 2016 di Kabupaten Magelang.
     Setelah semua barung menyelesaian kegiatan di tiap kedai akhirnya di dapat barung-barung yang menempati nilai tertinggi sampai harapan 3. Untuk barung putra tergiat 1 dari kwaran Kandangan disusul Pringsurat dan Wonoboyo sedang untuk tergiat harapan Putra dari Kwaran Bulu dilanjutkan Gemawang dan Jumo. Dari hasil Barung Putri tergiat 1 kwaran Wonoboyo disusul Kranggan dan Tembarak dilanjutkan tergiat harapan 1 kwaran Kandangan, Bulu dan Jumo.
     Disela-sela setelah pengumunan dan penyerahan tropi juara hadiah, ketua kwaran Bulu Kak Yurianto, S.Pd mengatakan pihaknya merasa bangga walau hanya masuk dalam 6 besar, karena krawan Bulu tahun kemarin bisa mewakili Kwarcab Temanggung pada tingkat Korwil Kedu. Kami sudah berusaha untuk dapat mewakili Kwacab Temanggung ke tingkat yang lebih tinggi.(Hms16/pakDhe)

Berita Terkait