Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

IBU MENTERI DESA DAN PDTT KUNJUNGAN KERJA DI TEMANGGUNG

Rabu, 16 Maret 2016 Umum

IBU MENTERI DESA DAN PDTT  KUNJUNGAN KERJA DI TEMANGGUNG
“Anak Harus sehat dan Kuat“  
TEMANGGUNG, Ibu menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ny. Ari Haryati Marwan Jafar melakukan kunjungan kerja di Temanggung dengan meninjau pelaksanaan Pekan Imunisasai Nasional  Vaksin Polio di Puskesmas Kedu Senin (14/3). Dalam kesempatanitu ibu menteri berkenan meneteskan vaksin polio kepada sejumlah balita disaksikan Bupati dan ketua tim penggerak PKK  Hatimah Bambang Sukarno  dan pejabat terkait. Selain meninjau pelaksanaan PIN Volio, ibu menteri juga bernostalgia di TK ABA Kedu  dan meninjau UKM Center di Kowangan.  
    Dalam kesempatan itu Ny. Ari Haryati mengatakan Pekan Imunisasai Nasional vaksin  Polio  merupakan  program  pemerintah  bertujuan untk mencegah timbulnya penyakit polio atau lumpuh layu . Dengan  vaksin polio  menimbulkan kekebalan aktif terhadap penyakit polimielitis. Oleh karena itu sudah jelas bahwa manfaat imunisasi polio adalah mencegah penyakit polio baik perindividu maupun secara luas pada masyarakat. Karena apabila sebagian besar terimunisasi maka yang lain juga akan terlindungi dari penularan.Oleh karena itu kepada para orang tua yang memiliki anak balita wajib hukumnya  untuk mengikuti Pekan Imunisasai Nasional vaksin  Polio  secara gratis di Puskesmas maupun di Pos PIN yang ada.
    “Dengan mendapat  imunisasi  vaksin polio anak-anak  bisa tumbuh normal, sehat, kuat dan cerdas karena terbebas dari penyakit polio yang  menyebabkan kelumpuhan .Saya berharap  kepada ibu-ibu hendaknya membawa anak-anaknya yang masih balita di  Pos PIN untuk mendapatkan imunisasai vaksin polio. Dengan tubuh yang sehat, kuat bebas dari penyakit polio niscaya anak-anak menjadi  generasi harapan bangsa yang  handal“ pintanya.
    Menurutnya  selain bebas penyakit polio anak-anak juga  harus bebas dari penyakit cacingan. Oleh karena itu kepada   para orang tua juga hendaknya rajin memperhatikan kesehatan  pura-putrinyadengan memberikan obat cacig secara berkala. Diungkapkan berdasarkan data angka anak yang terkena penyakit cacingan di indonesia  masih tinggi. Cacingan mudah menyerang anak, apalagi jika anak tidak menjaga kebersihan, terutama mencuci tangan sebelum makan dan sesudah dari toilet. Tidak jarang juga anak bermain kotor yang bisa menyebabkan cacingan pada anak. Cacingan terjadi karena tubuh terinfkesi cacing parasit, seperti cacing kremi,  cacing pita, cacing gelang dan cacing tambang yang masuk melalui makanan atau pori-pori tubuh anak.      Pada kesempatan itu  ibu menteri atas nama  organisasai fatayat NU memberikan bantuan  vitamain A dan obat cacing yang diterima  Kepala dinas Kesehatan Suparjo.   
    Bupati HM Bambang Sukarno mengatakan pelaksanaan Pekan Imunisasai nasional  Vaksin Polio di Kabupaten temanggung secara umum berjalan lancar di 489 Desa/Kelurahan yang tersebar di 20 kecamatan . Diutarakan sampai hari kelima  sejak dicanangkan tanggal 10 maret silam  saat ini sudah berhasil dilakukan imunisasai vaksin polio  kepada 50.450 balita dari keseluruhan sasaran  54.672 balita.  Pekan Imunisasai Nasional vaksin polio berlangsung di  1406 Pos PIN ditangani 409 tenaga kesehatan baik unsure dokter dan paramedis serta didukung  4518 kader penggerak.(Hms16/ Edy Laks)

Berita Terkait