Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

MASYARAKAT DIMINTA TAATI PERATURAN LALU LINTAS

Rabu, 30 Maret 2016 Umum

TEMANGGUNG, Masyarakat diminta untuk mentaatai peraturan lalu lintas supaya tercipta Keamanan , Ketertiban dan kelancaran lalu Lintas.
    Kasat Lantas Polres Temanggung, AKP Finan Sukma Radipta mengatakan kesadaran masyarakat untuk mentaati aturan serta tata tertib berlalu lintas di Kabupaten Temanggung dianggap masih cukup rendah. Rendahnya kesadaran para pengguna jalan ini diperoleh dari data setiap kali petugas menggelar razia.
    Selain pelanggaran akibat tidak mengenakan atribut keselamatan seperti helm dan sabuk pegaman, kendaraan tidak standar, hingga pelanggaran rambu rambu lalu lintas, yang menjadi sorotan utama petugas adalah minimnya rasio kepemilikan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Diungkapkan  rata-rata pelanggar yang tertangkap razia tidak memiliki SIM didominasi oleh kalangan pelajar. Dari data yang ada, jumlahnya mencapai ribuan orang. Lebih memprihatinkan lagi, mereka sebagian besar masih duduk di bangku SMP. Bahkan tak jarang masih berstatus sebagai pelajar tingkat SD juga sudah biasa mengendarai sepeda motor.
    Menyikapi hal itu, pihaknya berharap para orang tua melakukan pengawasan dan seleksi ekstra ketat. Jangan sampai membiarkan anak-anak mereka justru bertaruh menggunakan sepeda motor meski secara usia belum layak memiliki SIM.Pasalnya, tak jarang kasus kecelakaan yang terjadi selama ini melibatkan para pelajar. Dengan adanya upaya pencegahan, resiko jatuhnya korban yang lebih fatal dapat dihindari.(Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait