Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMEGANG SENPI JALANI TES PSIKOLOGI

Jumat, 08 April 2016 Umum

TEMANGGUNG,  Anggota Polres Temanggung yang memegang senjata api baik berlaras panjang maupun laras pendek (pistol)  wajib menjalani tes psikologi dan tes urin. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesiapan anggota  baik secara fisik maupun psikhis  selama menjalankan tugas.
     Kapolres Temanggung AKBP Wahyu Wim Hardjanto di kantornya  Selasa  (5/4) menyatakan, bahwa setiap anggotanya wajib menjalani tes psikologi dan  tes urin, terutama bagi anggota yang memegang senjata api (senpi) secara berkala. Dilakukannya tes ini untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan senpi. Tak hanya itu, tes juga guna mengantisipasi agar tidak terjadi kasus pelanggaran yang dilakukan anggota seperti yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia lainnya.
     Menurutnya pemegang senpi juga, lanjutnya, wajib menjalani tes tingkat emosional. Sebab apabila tidak terkontrol pemegang senjata api bisa menyalahgunakan dan berakibat fatal seperti hilangnya nyawa seseorang.Ia berharap, semua anggotanya tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, jika terbukti terlibat maka akan dilakukan tindakan tegas kepada yang bersangkutan karena telah mencoreng wibawa dan nama baik korps Polri. Diutarakan,  tes urin ini menjadi salah satu langkah pembersihan ke dalam sebelum polisi menggelar operasi bersinar atau bersih tanpa narkoba. Sebagai aparat penegak hukum sudah seharusnya juga taat hukum, maka setelah lingkungan Polri bersih dari pelanggaran maka mereka baru dinyatakan layak menertibkan masyarakat yang melakukan pelanggaran baik itu narkoba, senjata, atau tindak kriminal lain.(Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait