Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HADAPI KEMARAU, PEMERINTAH SIAPKAN BANTUAN AIR BERSIH

Kamis, 21 April 2016 Bencana

Temanggung, Pemerintah Kabupaten Temanggung, menyiapkan anggaran untuk penyaluran bantuan air bersih sebanyak 650 tangki untuk mengantisipasi daerah yang mengalami kekeringan pada musm kemarau mendatang.
    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Agus Sudaryono di Temanggung, Selasa, mengatakan jumlah bntuan air bersih tersebut meningkat dibanding pada musim kemarau 2015 hanya 450 tangki.
    "Jika nanti dengan persedian tersebut masih kurang, kami menggandeng sejumlah perusahaan untuk ikut berpartisipasi," katanya.
    Ia mengatakan berdasarkan data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim kemarau tahun 2016 akan jatuh pada akhir Mei.
    "Saat ini adalah merupakan pancaroba atau peralihan musim. Tanda-tandanya sudah terlihat, yakni hujan yang hanya datang secara sporadis, tiba-tiba dan intensitasnya mulai berkurang," katanya.
    Ia mengimbau masyarakat, terutama yang bermukim di wilayah rawan kekeringan untuk segera mempersiapkan diri.
    Ia memprediksi kekeringan mulai terlihat sekitar sebulan usai datangnya musim kemarau dan berlangsung selama tiga bulan berturut-turut, yakni bulan Juni-Agustus 2016.

    Berdasar data tahun 2015, BPBD telah memetakan daerah rawan kekeringan di Kabupaten Temanggung yang tersebar di sepuluh kecamatan, yakni Pringsurat, Kaloran, Jumo, Kandangan, Selopampang, Tlogomulyo, Candiroto, Kranggan, Bulu, dan Tembarak.
    Dari beberapa wilayah yang ada, Desa Tlogopucang di Kecamatan Kandangan merupakan titik terparah terjadinya bencana kekeringan.(Humas16/Paul)

 

Berita Terkait