Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

STUDI BANDING

Sabtu, 28 Pebruari 2009 Pemerintahan
PEMKAB MOJOKERTO STUDY BANDING DI TEMANGGUNG

TEMANGGUNG-Pemerintah Kabupaten Mojokerto Propinsi Jawa Timur mengadakan study banding  masalah Tambahan Penghasilan Aparat Pemerintah Desa  di Kabupaten Temanggung Jumat (27/2).  Rombongan  yang  terdiri  para Camat dan Kepala Desa berjumlah 40 orang itu  diterima oleh Asisten  Pemerintahan  Drs. Indra Hariyadi  di ruang Loka Bakti Praja komplek Setda Temanggung .
    Pimpinan rombongan  Staf Ahli bidang Pemerintahan Pemkab Mojokerto Drs. H. Abdul Ghafar, MM mengatakan, study banding  bertujuan untuk belajar mengenai Tambahan Penghasilan Aparat Pemerintah Desa (TPAPD). Disamping itu juga tentang Alokasi Dana Desa  ( ADD)  dan Pengelolaan tanah bengkok menjadi tanah kas desa . Dikemukakan,  dengan study banding  akan diperoleh gambaran  yang  jelas mengenai payung hukum dalam pemberian TPAPD  yang nantinya akan diterapkan di Mojokerto. Dengan demikian  dalam pelaksanaannya bisa berjalan lancar  sesuai ketentuan perundang-undangan  agar tidak bermasalah dikemudian hari.
    Sementara Asisten Pemerintahan  Drs. Indra Hariyadi mengatakan, dalam Perda tentang kedudukan keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa  disebutkan  bahwa Kepala Desa dan Perangkat Desa   diberi penghasilan tetap berupa uang senilai  hasil pengelolaan tanah bengkok oleh Pemerintah Desa dan diberikan setiap bulan.Penghasilan tetap Kepala Desa lanjutnya paling sedikit  senilai satu setengah kali UMK dan untuk Perangkat Desa satu kali UMK . Besarnya UMK Kabupaten Temanggung tahun 2009 Rp.650.000.
    Apabila penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa besarannya belum memenuhi  maka diberikan tambahan penghasilan tetap yang dianggarakan  setiap tahun dalam APBD. Untuk tahun 2009 besaran Tambahan Penghasilan tetap yang dialokasikan dari APBD  sebesar Rp.24.570.264.400 ujarnya
    Menurutnya  selain  menerima penghasilan tetap, Kepala desa dan Perangkat Desa  juga diberikan Tunjangan  Aparat Pemerintah Desa dan Tunjangan Pengabdian. Tunjangan Aparat Pemerintah Desa lanjut dia bersumber dari ADD dan ditetapkan setiap tahun dalam APB Desa  yang besarnya antara Rp.50.000 s/d Rp.75.000. Sedang besaran Tunjangan Pengabdian  Kepala Desa Rp.5.000.000 dan Perangkat Desa Rp.3.000.000 yang diberikan setiap akhir masa jabatan.
    Indra Hariyadi menambahkan Pemkab Temanggung pada tahun anggaran2009 juga menganggarkan  Alokasi Dana Desa   sebesar Rp.21.150.000.000 untuk 266 Desa . Masing-masing desa besaran ADD yang diterima berfariasi, tertinggi  sebesar Rp.121.149.000 dan terendah Rp.64.079.000. Sedang untuk tanah bengkok Sekretaris Desa yang telah diangkat menjadi PNS berubah status menjadi tanah kas desa.
    Berdasarkan hasil konsultasi  dengan DEPDAGRI di Jakarta beberapa waktu lalu  diperoleh penjelasan  bahwa  tanah bengkok Sekretaris Desa yang telah diangkat menjadi PNS diserahkan kepada Pemerintahan Desa menjadi tanah kas desa tandas dia. (Edl-Hms).

Berita Terkait