Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PARA PEMUDIK WASPADAI JALUR RAWAN LONGSOR

Senin, 27 Juni 2016 Umum

TEMANGGUNG, Warga masyarakat utamanya para pemudik Lebaran diminta hati-hati dan mewaspadai sejumlah jalur yang rawan longsor di Kabuaten Temanggung. Hal itu bertujuan supaya  terhindar dari bencana sehingga perjalanan lancer dan aman.
     Kepala Polres Temanggung, AKBP Wahyu Wim Harjanto dikantornya Senin (27/6) mengatakan, bagi para pemudik ayang akan melintasi  wilayah Kabupaten Temanggung llima harus waspada dan hati-hati  karena ada beberap jalur yang rawan longsor. Setidaknya ada lima  titik rawan longsor itu, dua titik berada di jalan provinsi Ngadirejo - Bejen menuju Weleri, Kendal tepatnya di ruas Gunung Payung - Candiroto dan ruas Ngaliyan - Tanjakan rujak asem, yang masing-masing sepanjang satu kilometer.
     Titik lainnya, adalah di ruas jalan Temanggung - Semarang, tepatnya di ruas Kalimanggis, Kecamatan Kaloran sepanjang lebih dari satu kilometer. Dua titik lain yakni di jalur alternatif jalur Muntung - Jumo - Kandangan - Geneng dan Maron, tepatnya di ruas Dakaran - Kandangan dan jalur Kedu - Jumo. "Di jalur-jalur ini terdapat tebing setinggi 15 meter yang beberapa kali longsor hingga menutup akses jalan," katanya.
     Dia mengemukakan pemudik yang melintas di jalur tengah Jateng untuk berhati-hati. Apalagi berdasarkan informasi dari BMKG di Temanggung potensi masih curah hujan tinggi hingga Desember mendatang. Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD untuk bersama meningkatkan kewaspadaan akan bencana longsor pada di jalur mudik, bila terjadi kerawanan maka secepatnya bisa diantisipasi.  (Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait