Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

UNJUK RASA TOLAK KENAIKAN HARGA ROKOK

Rabu, 24 Agustus 2016 Umum

TEMANGGUNG, Ribuan  petani tembakau di Temanggung, menggelar aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga rokok di kantor DPRD Temanggung  Selasa (23/8). Unjuk rasa berjalan tertib dan lancar, para pengunjuk rasa membawa bendera merah putih, poster dan spanduk.
     Koodinator aksi unjuk rasa, Noer Ahsan mengatakan para petani menuntut tiga hal. Pertama meminta pemerintah untuk mengklarifikasi kenaikan harga rokok. Kedua meminta agar DPR RI segera mengesahkan Undang-undang pertembakauan. Dan yang ketiga menyetop impor tembakau. Menurutnya, kalau kenaikan harga rokok benar terjadi maka akan mengancam nasib para petani. Terlebih lagi jika ada impor tembakau. Oleh karena itu, kepada lembaga DPRD diharapkan dapat menyalurkan aspirasi  para petani kepada pemerintah pusat agar nasib petani tembakau  mendapat perlindungan.  
     Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung, Achmad Fuad mengakui, kenaikan harga rokok merupakan kekhawatiran petani. Oleh karena itu, jika harga tinggi rokok dan pembeli menurun. Ini bakal membuat produksi pula menurun, dan itu berpengaruh saat pembelian tembakau. "Pabrik Rokok tentu saja, bakal mengurangi pembelian tembakau, dan harga komoditas bakal makin rendah," katanya. (Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait