Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

WAKIL MENTAN BAYU KRISNAMURTI

Sabtu, 10 April 2010 Pertanian dan Perkebunan
WAKIL MENTAN BAYU KRISNAMURTI
Agar Lahan Subur, Petani Diminta Tanam Pohon

TEMANGGUNG, Wakil Menteri Pertanian DR Bayu Krisnamurti, Ms meminta  petani melakukan gerakan menanam pohon. Hal itu bertujuan untuk menjaga kesuburan, konservasi alam dan  mewujudkan lingkungan hidup yang ijo royo-royo, nyaman sejuk dan segar. Dengan  gerakan menanam memberi sumbangan pemulihan kerusakan sumber daya hutan sekaligus membangun budaya sadar menanam sebagai sikap hidup bangsa Indonesia.
     Permintaan itu disampaikan wakil menteri  pada acara temu wicara diversifikasi konsumsi pangan jagung untuk memantapkan ketahanan pangan nasional di halaman Kecamatan Tretep Rabu (7/4). Temu wicara ditandai dengan penyerahan pohon tembakau, jagung dan cengkih oleh petani kepada wakil menteri disaksikan bupati, muspida, pimpinan dewan dan pejabat terkait.
     “Lahan pertanian di kawasan gunung prau yang  kemiringan curam bila terus-menerus ditanami maka kesuburannya berkurang. Hal itu dikarenakan lapisan tanah subur larut bersama air hujan. Oleh karena itu untuk menjaga kesuburan perlu ditanami pohon penghijauan disela-sela tanaman pokok“ pintanya seraya menambahkan anak cucu kita kelak juga berhak menikmati lingkungan alam yang indah, nyaman dan subur. 
     Menurutnya kerusakan alam lingkungan dewasa ini mengundang keprihatinan bersama, karena jika tidak segera diupayakan dihijaukan lagi maka tingkat kerusakannya akan semakin parah. Diutarakan pada lahan miring bila hujan mengakibatkan  lapisan tanah subur larut  bersama air hujan. Oleh karena itu agar tidak semakin parah, mesti segera dikembalikan dengan ditanami pohon penghijauan. Dengan demikian ujarnya,  kelestarian alam lingkungan tetap terjaga dan subur  sehingga produktifitas pertanian tinggi dan petani sejahtera.

NASIB PETANI DIPERJUANGKAN
Berkait dengan Rencana Peraturan Pemerintah  mengenai dampak industri tembakau bagi kesehatan, wakil Mentan Bayu Krisnamurti menegaskan Kementrian Pertanian akan terus memperjuangkan kepentingan petani. Dengan demikian  nasib petani tembakau tetap  diperhatikan, jangan sampai dirugikan dengan keluarnya kebijakan pemerintah tersebut.  Diutarakan, realitas dilapangan menunjukkan banyak petani termasuk Temanggung yang menggantungkan hidupnya dari bertanam tembakau  untuk industri rokok. Namun demIkian harus disadari bahwa rokok berdampak mengganggu kesehatan  Oleh karena itu pihaknya akan berusaha mencari solusi agar petani tetap bisa menanam tembakau dan laku dipasaran meski tidak untuk industri rokok.
     “Kementrian Pertanian  berusaha keras mencari solusi  dibidang pertembakauan, sehingga petani tetap bisa bercocok tanam tembakau tanpa harus tergantung dengan industri rokok. Jika kita berusaha, Tuhan pasti memberikan jalan keluar terbaik“ tandasnya. Dia menambahkan bukan hanya nasib petani tembakau saja yang akan diperjuangkan, namun juga petani cengkih dan jagung  serta petani lain juga diperjuangkan  supaya lebih sejahtera. 
     Bupati Drs. Hasyim Afandi  dalam sambutannya mengatakan, 47.000 petani di Temanggung menggangantungkan hidupnya dengan bertanam tembakau. Namun dengan adanya RPP pertembakauan, petani merasa terancam eksistensinya. Oleh karena itu  mengharapkan  Kementrian Pertanian membantu memperjuangkan nasib petani tembakau. Dalam RPP lanjutnya hendaknya dibahas secara komprehensip  dengan mengakomodir kepentingan berbagai pihak  termasuk petani.
     “Dengan penyerahan pohon  tembakau oleh petani merupakan simbol bahwa petani tembakau menyerahkan  nasib sepenuhnya   kepada  wakil menteri untuk diperjuangkan“ ujarnya  seraya ditambahkan  selain tembakau, komoditas pertanian yang menjadi ikon Temanggung yakni padi dan kopi. (Hms10/Edy laks).

Berita Terkait