Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

3.632 SERTIFIKAT TANAH DISERAHKAN

Rabu, 14 September 2016 Umum

TEMANGGUNG, Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Temanggung berhasil menyelesaikan proses pensertifikatan tanah sebanyak 3.632 dan telah diserahkan kepada yang berhak.
     Kepala Kantor Pertanahan Temanggung Hartoyo dikantornya Selasa (13/9) mengatakan sertifikat yang diserahkan ada sebanyak 3.632, terdiri dari empat sertifikat barang milik negara (BMN), legalisasi aset prona 3.400, unit kegiatan masyarakat (UKM) 200, swadaya masyarakat (SMS) satu sertifikar, wakaf satu sertifikat, rutin 2.473 sertifikat. Lalu Kepolisian RI satu sertifikat, Kejaksaan RI satu sertifikat, Pemkab Temanggung tiga sertifikat, hasil mediasi 21 sertifikat.
     Dikemukakan penyerahan sertifikat tersebut hasil progres 2016 yang dibiayai APBN, antara lain, prona, UKM, dan progres BMN atau instansi pemerintah yang dibiayai oleh Kementerian Keuangan, lalu ada rutin, wakaf, dan mediasi. BMN itu ada empat, atas nama Universitas Negeri Tidar, Polri dalam hal ini Polres Temanggung, Kejaksaan Negeri, lainnya aset Pemda Temanggung. Sertifikasi BMN lanjutnya dirasa sangat penting sebagai bagian dari upaya mengamankan aset milik negara, sebab banyak aset-aset pemerintah yang hilang. Bisa jadi ada oknum menjualnya, maka setelah disertifikatkan maka akan aman karena telah memiliki legalitas. (Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait