Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENILAIAN ADIWIYATA UNTUK 9 SEKOLAH

Rabu, 07 Desember 2016 Pendidikan

TEMANGGUNG, Penilaian  lomba Adiwiyata Nasional untuk sembilan sekolah di Kabupaten Temanggung, saat ini tengah berlangsung. Diharapkan  dalam lomba  tersebut  berhasil meraih juara.
     Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, Adi Nurtantio mengatakan 9 sekolah tersebut, yakni SDN Temanggung II nomor 2, SDN Kedungumpul 2, SMPN 1 Kranggan, SMPN 3 Temanggung, SMPN 1 Jumo, SMPN 1 Tlogomulyo, SMAN 1 Pringsurat, SMAN 3 Temanggung, dan SMKN 2 Temanggung. Pada  tahun lalu Kabupaten Temanggung ada satu sekolah maju Adiwiyata Mandiri, yakni SMPN 6 Temanggung tetapi gagal. Bagi sekolah yang maju nasional ini harus bekerja lagi lebih berat karena harus membina sepuluh sekolah untuk bisa maju Adiwiyata Mandiri.
     Dikemukakan untuk maju Adiwiyata nasional pihak sekolah telah bekerja maksimal dengan mempersiapkan sejumlah kelompok kerja, antara lain pertanian, perikanan, pertamanan, green house, dan sanitasi. Melalui kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak anak-anak sadar mengelola lingkungan, kami tanamkan pada anak untuk hidup bersih dan sehat. Kalau tidak mau merawat lingkungan akan menghadapi bencana.
     “Para siwa diajari bagaimana membuang sampah pada tempatnya, memanfaatkan sampah yang mempunyai nilai ekonomi kreatif, dijadikan kompos, dan limbahnya dijadikan untuk barang-barang keterampilan,“ ujarnya.
     Anggota tim verifikasi lapangan sekolah Adiwiyata nasional, Wahid Kurnia mengatakan keikutsertaan adiwiyata dari tahun ke tahun semakin bagus di setiap provinsi. Pada tahun lalu yang diverifikasi sekitar 504 sekolah, tahun ini ada 565 sekolah. Berdasarkan kualitas sekolah juga meningkat, dari tingkat fisik sarana prasarana, tingkat pengetahuan anak-anak yang diwawancara makin lama makin mengerti aspek pengelolaan lingkungan hidup di sekolahnya, antara lain upaya untuk pelestarian lingkungan dan pengendalian pencemaran. (Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait