Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SISWA SLB DIKENALKAN PELAJARAN MEMBATIK

Rabu, 07 Desember 2016 Pendidikan

TEMANGGUNG, Guna membekalai siswa memiliki ketrampilan berwirausaha, para siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Djojonegoro Temanggung, mendapat keterampilan membatik teknik jumput. Dengan dibekali ilmu membatik , diharapkan setelah lulus bisa menjadi bekal hidup terjun ke tengah masyarakat.
     Guru pembimbing membatik SLBN Djojonegoro, Menuk Agustina dikantornya , Selasa (6/12), mengatakan membatik dengan teknik jumput ini sesuai dengan kemampuan siswa SLB karena tidak begitu membutuhkan kejelian dan kesabaran seperti halnya membuat batik tulis. Membuat batik jumput diawali dengan membuat pola, kemudian diikat, dan pewarnaan.
     Keterampilan membatik tersebut diberikan pada siswa tuna rungu. Hasil karya siswa tersebut dijual dengan harga Rp100.000 per lembar dengan ukuran 2 x 1,25 meter. Ia menambahkan tidak ada promosi gencar dari sekolah pada hasil kreatif siswa ini, karena sifatnya pembelajaran bukan industri. Selama ini penjualan masih terbatas pada para guru, orang tua siswa, dan para tamu yang berkunjung ke sekolah tersebut atau pada waktu pameran. (Hms16/Edy Laks)

Berita Terkait