Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KEBLUKAN DAN PAGERGUNUNG DILANDA LONGSOR

Selasa, 24 Januari 2017 Bencana

TEMANGGUNG, Desa Keblukan Kaloran dan Pagergunung Pringsurat dilanda bencana tanah longsor yang disebabkan tebing longsor. Musibah tersebut tidak menelan korban jiwa hanya mengakibatkan akses jalan desa menjadi tertutup.
     Kasi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi mengatakan, longsor pertama terjadi di wilayah Dusun Keblukan arah menuju Desa Tepusen, Kecamatan Kaloran. Tebing setinggi kurang lebih tiga meter longsor menutup jalan. Kronologi kejadiannya mulai pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB Minggu (22/1) terjadi hujan lebat. Sehingga mengakibatkan tebung yang ada di Dusun Keblukan arah menuju Desa Tepusen longsor. Akibat longsor jalan menuju Tepusen menjadi terhambat karena tertutup material longsoran.
     Setelah mendapat laporan adanya bencana berupa tebing longsor, pihak BPBD segera menerjunkan timnya menuju lokasi. Kemudian setelah mengadakan koordinasi dengan warga setempat, disepakati dilakukan pembersihan material longsor yang dibantu oleh anggota TNI dari Kodim 0706/Temanggung. Langkah itu untuk kembali menormalkan jalan desa agar akses masyarakat bisa seperti sediakala untuk beraktivitas.
     Sedang bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Pagergunung Kecamatan Pringsurat juga dikarenakan hujan lebat membuat tanah labil di wilayah Pagergunung tak mampu menahan gerusan air. Hingga mengakibatkan tebing setinggi 10 meter longsor. Kejadian  pada hari Minggu sore pukul 15.00 WIB tebing setinggi 10 meter di Dusun Krajan, RT 02 RW 01 Desa Pagergunung, Kecamatan Pringsurat longsor. Longsoran tebing kemudian menimpa tembok kandang kambing milik warga bernama Baru Wibowo (55) hingga roboh. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait