Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

HABIS IZIN PAKAI SENPI DITARIK

Selasa, 24 Januari 2017 Umum

TEMANGGUNG, Polres Temanggung menarik delapan pucuk pistol yang digunakan oleh delapan anggota karena surat izin pemakaian sudah habis. Hal itu dilakukan untuk menghindari suatu hal buruk berupa penyalahgunaan senjata oleh petugas.
     Kasi Propam Polres Temanggung Iptu Marimin mengatakan, sesuai prosedur penarikan memang diharuskan, sebab dari hasil pemeriksaan surat izin pemegang senjata api atau anggota bersangkutan telah habis masa berlakunya.Untuk sementara senjata yang diamankan itu akan di simpan di dalam gudang senjata.
     “Sesuai aturan hukum yang berlaku anggota yang tidak punya surat izin memegang pistol ya tidak boleh membawa sehingga harus ditarik. Oleh karena itu  ada delapan pucuk senjata api berupa pistol yang ditarik karena surat izinnya telah habis,”ujarnya.
     Dikemukakan bagi para personil bersangkutan untuk sementara harus menunggu proses izin selanjutnya. Sebelumnya juga diadakan tes untuk mendapatkan izin menggunakan senjata api bagi anggota baik baru maupun perpanjangan. Biasanya Propam memeriksa secara berkala bagian-bagian senjata dan surat serta amunisi. Setiap anggota yang memegang senjata dibekali sejumlah amunisi dan harus dipertanggungjawabkan. Pemegang juga dilarang merubah bentuk senjata api harus tetap sesuai aslinya. Namun demikian tidak menutup kemungkinan mengalami kerusakan, jika  rusak maka personil harus mengembalikan kepada Sarpras untuk diperbaiki supaya tetap bisa dipakai. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait