Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SMP 2 GELAR UNAS BERBASIS KOMPUTER

Selasa, 07 Pebruari 2017 Pendidikan

TEMANGGUNG, SMP Negeri  2 Temanggung pada tahun pelajaran 2017 ini siap menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK), setelah sebelumnya pada tahun 2016 sukses menyelenggarakan UNBK.
     Kepala Sekolah SMP 2, Sugeng Philip dikantornya  mengatakan ketika kali pertama program nasional UNBK diluncurkan 2015 lalu, pihaknya belum bisa melaksanakan karena  sekolahanya saat itu hanya memilki 12 unit komputer untuk siswa. Padahal, jumlah siswa yang akan mengikuti ujian 231 anak. Dikemukakan Sebagai sekolah favorit, SMP 2 secara moral merasa dituntut melaksanakan UNBK itu. Karenanya, berbagai upaya dilakukan untuk bisa menyediakan komputer dan sarana prasarana lain yang dibutuhkan guna melaksanakan UNBK.
     Alhasil, didapatkan bantuan 34 unit komputer dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kemudian, dari bantuan sejumlah donatur, orang tua/wali murid, serta dari dana BOS, sekolah tersebut bisa melakukan pengadaan 36 unit komputer. Sehingga, jika ditambah komputer yang telah tersedia sebelumnya, SMP itu memiliki 80 unit lebih komputer.
     Dengan 80 unit komputer tersebut, SMP 2 bisa melaksanakan UNBK 2016, meski harus membagi siswa pesertanya dalam tiga waktu atau shift untuk setiap hari pelaksanaannya. Dengan setiap shift diikuti 80 siswa dan dibagi dalam dua kelas, yang masing-masing kelas berisi 40 siswa.
     Menurut Sugeng Philip, dalam sejumlah hal UNBK lebih efektif dan efisien ketimbang UN tertulis. Misalnya, kertas soal dan lembar jawab tidak perlu lagi, biaya distribusi soal juga tidak perlu, pelaksanaan sosialisasi dan operasional pengawas ujian lebih hemat, serta waktu bagi siswa mengerjakan soal lebih efektif. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait