Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PENDALAMAN SENI BUDAYA

Senin, 13 Pebruari 2017 Pendidikan

TEMANGGUNG, Guna memperkaya wawasan pengetahuan dan pengalaman sekaligus sebagai pendalaman materi seni budaya, MTsN Parakan menggelar pameran dan pentas seni akbar dengan tajuk Harmoni Tsanepa 2017. Kegiatan ini diikuti 1058 siswa dari 30 kelas, dengan melibatkan seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9.
     Kepala Madrasah Drs. H. Agus Salam, M.Ag.  mengatakan, tema pentas seni Harmoni Tsanepa 2017  itu adalah “Aku Cinta Indonesia” kegiatan ini bertujuan memupuk rasa cinta tanah air, mengembangkan bakat dan kreativitas siswa, baik di bidang seni maupun kerajinan, menumbuhkan kemandirian siswa dalam menghasilkan karya, dan memamerkan hasil karya kelas 9.
     Penilaian dilakukan oleh guru- guru yang sesuai dengan kompetensinya. Untuk pameran kelas juara 1 diraih oleh kelas 9A, pentas seni diraih oleh kelas 9F, fashion show diraih oleh kelas 9H, dan stand bisnis fair diraih Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini sebagai pendalaman materi Seni Budaya dan Prakarya pada kurikulum 2013. Kegiatan ini melingkupi empat komponen pembelajaran  yaitu pameran, pagelaran pentas seni, bisnis fair dan fashion show.
     Untuk pentas seni, dan fashion show masuk dalam pembelajaran seni budaya. Untuk kreativitas kerajinan tangan dan pameran bisnis fair  masuk dalam pembelajaran prakarya, Bisnis fair yang menampilkan aneka kreativitas kuliner ini juga untuk melatih kemandirian dan jiwa entrerpreneur anak menghadapi persaingan global
     Dalam kegiatan itu siswa tak hanya tampil di panggung dengan beragam pertunjukan seperti drama tradisional, tari dan lagu nusantara. Tetapi juga memamerkan hasil karya mereka di kelas masing-masing. Untuk fashion show diisi dengan penampilan siswa dengan beragam  pakaian tradisional dari berbagai daerah. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait