Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BERINGIN TUMBANG TIMPA 2 WARGA

Kamis, 16 Pebruari 2017 Umum

TEMANGGUNG, Lantaran diduga sudah berumur tua, sebuah pohon beringin di kawasan wisata Umbul Jumprit Kecamatan Ngadirejo tumbang akhir pekan kemarin. Akibatnya dua orang warga yakni  Surwiyah (40) dan Ngadiyem (50) warga Dusun Jamus Desa Jamus menderita luka serius akibat tertimpa pohon beringin ketika melintas untuk suatu keperluan.
     Kapolsek Ngadirejo AKP Budi Santoso Kamis (16/2) mengatakan  setelah mendapat laporan adanya  warga yang tertimba  pohon beringin yang roboh pihaknya langsung meluncur ke TKP. Anggota Polsek Ngadirejo bersama personel TNI dari Koramil Ngadirejo dan warga menolong kedua korban dan membawanya ke layanan kesehatan terdekat, yang kemudian dilarikan ke RSUD Temanggung. Berdasarkan pemeriksaan Korban menderita luka serius pada tubuhnya terutama pada kepala, sehingga memerlukan pengobatan intensif.
     Dia mengatakan peristiwa tumbangnya sebuah pohon beringin berdiameter 6 meter di pinggir jalan Komplek Wisata Umbul Jumprit diduga karena sudah berumur tua  sehingga akar-akarnya sudah mulai rapuh. Pada saat kejadian ketika itu Surwiyah dan Ngadiyem sedang melintas sepulang dari ladang menuju rumah dengan jalan kaki. Akibat tumbang secara mendadak mereka tidak bisa  menghindar dan terkena ranting. Pertolongan dengan menyingkirkan pohon tumbang dengan menggunakan gergaji milik Polsek Ngadirejo, DPU Temanggung dan BPBD.
     Kepala pelaksana BPBD Temanggung Agus Sudaryono mengharapkan warga untuk hati-hati jika melintas di jalan yang terdapat pohon rindang berusia tua, sebab bisa dimungkinkan roboh terutama dihujan lebat disertai angin kencang. Sebagai upaya antisipasi pihaknya sudah berkoordinasi dengan DPU untuk memangkas pohon ditepi jalan yang rawan tumbang. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait