Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PAGELARAN SENI UNTUK KERUKUNAN UMAT

Rabu, 22 Pebruari 2017 Umum

TEMANGGUNG, Sebagai bentuk rasa keprihatinan akan kondisi bangsa dan negara Indonesia yang terpecah belah karena kepentingan politik dan ekonomi segelintir orang, sanggar seni Raras Moro di Dusun Dusun Janggleng Desa Tlogowungu Kaloran mengadakan Pagelaran seni untuk kerukunan umat beragama baru-baru ini.
     Pimpinan sanggar seni Raras Moro, Sugeng Suryokusumo mengatakan Pagelaran didasarkan rasa keprihatinan para seniman terhadap situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini yang kurang kondusif. Diharapkan melalui pementasan seni masyarakat menjadi sadar dan tidak lagi mau ikut dalam urusan tersebut karena hanya akan menghabiskan energi.
     Dikatakan, pagelaran dengan tembang-tembang jawa diiringi kerawitan itu isinya ajakan masyarakat guyup rukun, bergotong royong, dan bekerjasama dalam kehidupan tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan sebab pada hakekatnya adalah manusia itu sama. Sugeng menyampaikan secara rutin sanggar seni Raras Moro menggelar pementasan seperti kethoprak, wayang kulit, tari klasik dan kerawitan di balai desa atau di pekarangan warga. Mereka yang terlibat adalah para seniman setempat, serta seniman luar yang mau. Pementasan rutin ini telah menarik minat generasi muda untuk terlibat sehingga ada regenerasi, sekaligus menanamkan jiwa seni pada kawula muda.
     "Melalui sanggar seni  Raras Moro  kita terus berupaya untuk melestarikan kebudayaan Jawa, menanamkan kearifan lokal, nilai-nilai universal, toleransi dan kerukunan. Dengan demikian akan selalu terwujud tata kehidupan yang harmonis , saling asah dan asuh," katanya. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait