Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB BANTU LOGISTIK KORBAN BANJIR

Jumat, 24 Pebruari 2017 Bencana

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan logistik pada korban bencana banjir sungai Brangkongan Desa Ringinanom baru-baru ini. Bantuan secara simbolis diserahkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Agus Sudaryono kepada perwakilan penerima disaksikan Kepala desa dan perangkat desa setempat. Bantuan diberikan sebagai wujud kepedulian pihaknya untuk membantu meringankan warga yang terkena musibah banjir sungai Brangkongan hingga menyebabkan kerusakan rumah.  
     Ia menyebutkan banjir di Sungai Brangkongan yang terjadi Senin sore itu, berdampak pada kerusakkan sejumlah bangunan rumah dan hilangnya ternak warga. Bangunan warga yang rusak diantaranya rumah milik Misrun di Dusun Ngresep Desa Ringinanom yang dihuni dua keluarga dengan kerugian Rp 7 juta. Kerusakkannya, posisi rumah menggantung akibat ponasi rumah tersapu air. Selain itu, senderan rumah milik Trimoaryono di Dusun Batursari Kelurahan Parakan yang mengalami kerugian Rp 20 juta. Kerusakkan pada senderan dan bangunan rumah longsor. Aris Ananta merugi lebih dari Rp 6 juta akibat senderan dan bangunan kandang kambing serta pabrik tahu rusak, sebanyak 25 ekor kambing yang ada di kandang hanyut terbawa banjir. Sementara rumah Suyitno di Dusun Tejosari Kelurahan Parakan rusak pada senderan rumah, kerugian mencapai Rp 5 juta.
     Disampaikan, berdasar data, katanya banjir yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan talud atau senderan sungai rusak. Kerusakkan ini lantas menyebabkan tanah tergerus dan bangunan pinggir sungai ikut terdampak. Diharapkan kepada warga masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai agar waspada bila sewaktu-waktu terjadi banjir supaya mengungsi bila sekiranya  akan menghanyutkan rumah. (hms17/Edy Laks)

Berita Terkait