Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PR DJARUM BERMITRA DENGAN PETANI

Selasa, 28 Pebruari 2017 Umum

TEMANGGUNG, Guna lebih mengoptimalkan  budidaya tanaman tembakau agar menghasilkan tembakau berkualitas, Perusahaan rokok PR Djarum pada masa tanam tembakau 2017 berencana meningkatkan pola kemitraan dengan para petani di Kabupaten Temanggung.
     Hal tersebut  disampaikan Slamet Suradi dari PR Djarum perwakilan  Temanggung, Kamis (23/2) pada acara sosialisasi tanam tembakau tahun 2017 di Pendopo Pengayoman. Ia mengatakan tahun ini perusahaannya menargetkan pola kemitraan penanaman tembakau seluas 700 hingga 800 hektare.Target tersebut meningkat dibanding tahun 2016 seluas 490 hektare.
     Menurutnya dalam kondisi musim normal dengan pola kemitraan satu hektare lahan tembakau bisa menghasilkan sekitar satu ton tembakau rajangan kering.
     Petani yang menjadi peserta pola kemitraan diharapkan mengikuti panduan dari PT Djarum. Berdasarkan pengalaman ada beberapa petani yang belum bisa mengikuti panduan tersebut, karena latar belakang petani bermacam-macam. Hal itu dikandung maksud agar bisa menghasilkan tembakau berkualitas pasalnya  jika tidak mengikuti panduan dari PT Djarum hasil panenannya tetap kurang baik.
     “Jika secara standar kualitasnya tidak baik, meskipun yang bersangkutan ikut kemitraan maka Djarum tidak akan membeli tembakau tersebut.Hanya tembakau yang sesuai dengan standar kualitas yang akan dibeli," katanya sembari menambahkan pada 2016 PT Djarum menargetkan pembelian tembakau Temanggung sebanyak 4.500 ton, namun realisasinya mencapai sekitar 4.800 ton. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait