Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

BPJS UNTUK WARGA MISKIN

Selasa, 28 Pebruari 2017 Umum

TEMANGGUNG, Dinas Sosial Kabupaten Temanggung memberikan rekomendasi  kepada warga kurang mampu atau miskin agar bisa segera menggunakan asuransi kesehatan BPJS untuk pengobatannya di rumah sakit, begitu selesai mendaftar dan membayar premi awalnya.
     Kabid Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Umi Lestari di kantornya  Kamis (23/2) mengatakan Sesuai ketentuan, asuransi kesehatan BPJS baru bisa digunakan atau difungsikan untuk membiayai pengobatan, 14 hari setelah warga melakukan pendaftaran sebagai peserta asuransi itu. Namun, dengan meminta rekomendasi dari Dinas Sosial, BPJS bisa difungsikan dalam tiga hari setelah melakukan pendaftaran. Rekomendasi itu khusus untuk warga kurang mampu, yang harus segera mendapatkan perawatan dan pengobatan atas sakit yang dideritanya.
     Menurutnya warga kurang mampu, mestinya memang sejak beberapa tahun lalu sudah didaftarkan sebagai peserta BPJS PBI atau penerima bantuan iuran, yang mana preminya dibayar oleh pemerintah. Namun begitu, kenyataannya masih ada warga kurang mampu yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS PBI itu. Secara administratif asuransi kesehatan BPJS tidak bisa langsung difungsikan untuk mengganti biaya pengobatan atau perawatan di rumah sakit, begitu warga mendaftar sebagai pesertanya. Melainkan, peserta BPJS harus menunggu 14 hari setelah mendaftar, untuk bisa menggunakannya.Karena pengobatan untuk orang sakit tidak bisa ditunda-tunda, Dinas Sosial memberikan rekomendasi kepada warga kurang mampu yang memintanya. Meski dengan rekomendasi itu pun, berdasar atauran BPJS, warga masih harus menunggu tiga hari untuk dapat memfungsikannya sesuai aturan. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait