Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PESTA SIAGA KWARTIR RANTING BULU

Selasa, 28 Pebruari 2017 Pendidikan

Dihadiri Wabup dan Turis Melbourne Australia

TEMANGGUNG, Berbeda dengant tahun-tahun sebelumnya, pesta siaga Kwartir Ranting Kecamatan Bulu yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu dihadiri Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi, S.Sis, M.Mpar beserta istri Rph Listyarini dan Geane, Turis dari Melbourne Australia.
     Dalam kesempatan tersebut wabup selain mengikuti rangkaian pembukaan pesta siaga juga mengunjungi pentas seni yang di pentaskan di taman siaga baik itu putra maupun putri. Begitu juga dengan Geane beserta rombongan yang di dampingi dengan M. Anang Zulfikar juga lebih suk apada kegiatan pentas seni yang di pentaskan oleh pramuka baik putra maupun putri.
     Pesta siaga kwartir Ranting Bulu sebelum dilakukan serangkaian lomba dilaksanakan upacara dengan pembina upacara Camat Bulu Drs. M. Usdimanto, MM. Dalam sambutanya beliu berpesan kepada seluruh peserta agar kegiatan ini sebagai ajang prestasi, dan ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Serta kegiatan ini sebagai lathan calon kader bagsa pengganti generasi tua, calon pemimpin bangsa.

Pesta Siaga Kwartir Ranting 11.23.07 Bulu
     Gerakan Pramuka merupakan pendidikan yang diselenggarakan diluar lingkungan pendidikan, keluarga dan lingkungan pendidikan sekolah. Akan tetapi pendidikan kepramukaan merupakan penunjang pendidikan di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga diantaranya mengenai disiplin, ketrampilan, persaudaraan bakti terhadap masyarakat dan pembentukan watak.
     Gerakan Pramuka dalam melaksanakan kegiatannya menggunakan metode pendidikan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan (PDK dan MK), yang menggunakannya disesuaikan dengan keadaan dan khususnya perkembangan anak, pemuda, keluarga, didalam bermasyarakat.
     Selanjutnya dalam pesta siaga akan melatih disiplin, patuh, tenggang rasa, tanggung jawab, kesadaran berbangsa dan bernegara, jiwa nasionalisme, dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan didukung oleh ketahanan jasmani dan rohani. Juga Kegiatan Pesta siaga tersebut berfungsi secara tepat dan berdaya guna diperlukan pengaturan PDK dan MK dan dilaksanakan sesuai dengan kepentingan, kebutuhan situasi dan kondisi masyarakat.
     Agar kegiatan peserta didik khususnya Pesta Siaga dapat mencapai sasaran dan tujuan secara berdayaguna sesuai dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga(AD dan ART), maka perlu adanya usaha kegiatan yang terarah dan sistematik sesuai Standar Kompetensi Dasar sebagai Pedoman kegiatan selanjutnya.
     Guna merealisasikan hal tersebut diatas, ketua penyelenggara Hajjah Siti Nurjanah, S.Pd melaporkan bahwa Kwaran 11.23.07 Kecamatan Bulu menyelenggarakan Kegiatan Pesta Siaga tahun 2017 diikuti oleh Setiap pangkalan Gudep SD yang wajib mengirimkan 1 Barung Putra dan 1 Barung Putri, dan untuk tiap barung terdiri 10 (sepuluh) Andikka Siaga Bantu. Penyelenggaraan pesta siaga dilaksanakan satu hari di lapangan Desa Ngimbrang, SD Negeri Ngimbrang, Balai Desa Ngimbrang dan Lingkungan sekitarnya. Untuk pesta siaga tahun 2017 mengambil tema â??Pramuka Siaga Cedas dan Bersahajaâ?? dan dengan Motto â??Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikanâ??.
     Di sela-sela pelaksanaan Pesta siaga Ka Kwaran Gerakan Pramuka Bulu Yurianto, S. Pd menjelaskan bahwa Pesta Siaga ini dimaksud untuk Membina menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, Memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia, Agar dapat terpadu pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi sebelumnya dan Melatih ketahanan mental, jasmani dan rohani. Selain itu juga untuk menyeleksi barung terbaik untuk mewakili Kwartir Ranting 11.23.07 Bulu untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pesta Siaga Kwartir Cabang 11.23. Temanggung pada bulan Maret 2017.
     Dalam pesta siaga 2017 untuk giat pentas seni giat 1, 2 dan 3 baik putra maupun putri mendapat piala dari pribadi ketua kwaran Bulu. Hal ini guna memacu budaya daerah nasional dalam wadah pramuka, sehingga anak-anak sudah mengenal budaya daerah Indonesia dan mempererat tali persaudaraan  melalui pramuka serta untuk mendorong agra seni lebih maju di tingkat kwarcab Temanggung. Kegiatan pentas seni di dapatkan barung tergiat satu Putri dari  SDN Bulu dilanjutkan SDN 1 Gandurejo dan SDN 2 Gandurejo dan untuk Barung Putra dari SDN Ngimbrang, SDN Pandemulyo dan SDN 1 Bansari.
     Materi pesta siaga 2017 meliputi kemampuan Memiliki Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemampuan menunjukkan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan daya ingat, kemampuan berusaha meningkatkan ketrampilan, ketangkasan, olah raga dan kesehatan dan kemampuan memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, alam lingkungan untuk menumbuhkan cinta tanah air dan budaya.
     Pesta siaga Kwartir Ranting 11.23.07 Bulu setelah melakukan berbagai kegiatan didapatkan kelompok barung Putri tergiat satu barung dari Gudep SDN Bulu, selanjutnya SDN 1 Gandurejo, SDN 2 Gandurejo, SDN Ngimbrang, SDN Campursari dan SDN Pandemulyo. Sedangkan untuk Kelompok Barung Putra tergiat satu barung dari Gudep SDN Ngimbrang dilanjutkan SDN Pandemulyo, SDN 1 Bansari, SDN 1 Gandurejo, SDN 2 Wonotirto dan SDN 2 Bansari.(Hms17/pakDhe)
 

Berita Terkait