Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

PEMKAB GELAR PEMUTARAN FILM EDUKATIF

Rabu, 01 Maret 2017 Pendidikan

TEMANGGUNG, Pemerintah Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), menggelar acara pemutaran film edukatif yang ditonton ratusan guru dan pelajar setingkat SD/SMP di Graha Bhumi Phala Komplek Setda Temanggung.
     Ajang pemutaran film edukatif yang mengangkat tema “Persemaian nilai budaya media inspiratif memperkuat kebangsaan” tersebut juga dihadiri Bupati HM Bambang Sukarno dan pejabat FKPD serta Direktur Sejarah, Direktorat Sejarah, Kemendikbud RI, Trihana Wulandari. Film yang diputar berjudul “Kau dan Aku Cinta Indonesia” dan “Ambilkan Bulan Bu”.
     Film pertama yang disutradarai Dirmawan Hatta menceritakan kisah persahabatan tiga anak dari sebuah desa yang dianugerahi pemandangan indah dan terletak di tengah Gunung Merapi serta Gunung Merbabu bernama Andi dan Ian. Seiring waktu berjalan, mereka dipertemukan oleh sahabat asal Kota Metropolitan Jakarta bernama Cahaya. Meski berlatar belakang budaya yang jauh berbeda, namun ketiganya dapat membuktikan bahwa menyatukan perbedaan adalah sebuah hal yang indah.
     Kemudian film kedua berjudul “Ambilkan Bulan Bu” yang disutradarai Ifa Isfansyah menceritakan tentang kisah pilu seorang anak berusia 10 tahun asal Jakarta bernama Amelia yang merasa kurang mendapat perhatian lantaran kesibukan orang tua yang teramat padat. Untuk menutup kesepian ini, ia mencari teman melalui media sosial facebook hingga akhirnya bertemu dengan sahabat dari desa bernama Ambar, yang tak lain adalah sepupunya sendiri. Sampai akhirnya, Amelia memutuskan untuk bertemu dengan Ambar di desanya dan inilah pertama kalinya ia melihat suasana pedesaan.
     Direktur Sejarah, Direktorat Sejarah, Kemendikbud RI, Trihana Wulandari mengatakan tujuan pemutaran film inspiratif seperti ini adalah agar siswa memperoleh alternatif pembelajaran karakter selain pendidikan formal di dalam kelas sekaligus mendongkrak motivasi pelajar dalam menggapai cita cita seperti yang diharapkan di masa mendatang.
     Bupati HM Bambang Sukarno menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memutar film edukatif di Temanggung. Hal itu dinilai positif sebagai upaya pembelajaran untuk menumbuhkembangkan karakter positif  bagi pelajar sebagai generasi penerus perjuangan bangsa. Sedang kepada guru diharapkan bertambah wawasannya sehingga bisa meningkatkan kinerja dalam mendidik para siswa  sehingga  bisa mencetak siswa berprestasi dan berakhlaq mulia. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait