Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

SMP TEMBARAK LAKSANAKAN UNBK

Jumat, 03 Maret 2017 Pendidikan

TEMANGGUNG, SMP Negeri 1 Tembarak  siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2017 yang akan diikuti seluruh siswa kelas 9. Berbagai Persiapan sudah dilaksanakan diantaranya  perangkat  computer  agar nantinya UNBK  berjalan lancar.
     Kasek SMP 1 Tembarak, Herdiyanto dikantornya belum lama ini mengatakan sekolahan yang dipimpinnya untuk kali pertama melaksanakan UNBK tahun ini, dengan menggunakan fasilitas komputer dan jaringan internet di SMK 1 Tembarak. Sebagai langkah persiapan pihaknya mengadakan pelatihan  kepada para siswa kelas 9  untuk uji coba ujian berbasis komputer. Dengan demikian diharapkan para siswa nantinya bisa lancar  menggarap ujian.
     Dikemukakan UNBK dinilai lebih hemat dalam hal pembiayaan untuk operasionalnya, dibanding dengan ujian nasional (UN) secara tertulis. Menurutnya, dengan berbasis komputer, pelaksanaan ujian nasional itu menjadi hemat, efektif dan efisien. Ada sejumlah hal yang membuat UNBK dinilai lebih hemat, efektif, dan efisien, ketimbang UN tertulis. Antara lain, dengan UNBK tersebut tidak perlu lagi kertas untuk soal dan lembar jawaban, dan dengan sendirinya tidak dibutuhkan lagi biaya pendistribusian soal-soal ujian itu ke sekolah-sekolah.
     “Selain itu, untuk pelaksanaan sosialisasi dan operasional bagi pengawas ujian lebih hemat, karena jumlah pengawas dalam UNBK tidak sebanyak ketika UN tertulis.Demikian pula, tugas pengawasan dalam UNBK itu tidak seberat dalam pengawasan UN tertulis,” ujarnya.  (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait