Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

KRANGGAN DILANDA ANGIN RIBUT

Selasa, 07 Maret 2017 Bencana

TEMANGGUNG, Wilayah Kelurahan Kranggan Minggu petang kemarin dilanda bencana angin rebut disertai hujan deras sehingga menyebabkan  pohon tumbang  tepatnya  di Jalan Raya Kranggan-Temanggung. Musibah tumbangnya pohon yang berfungsi sebagai perindang jalan tersebut menimpa mobil angkutan umum berpelat nomor AA 1379 AB. Kendati tidak ada korban jiwa namun angkot tersebut mengalami kerusakan pada bodi bagian atas penyok.
     Seorang saksi mata  Sugito (45) menuturkan diwilayah Kranggan hujan mulai turun sore hari disertai angin kencang. Lalu tiba-tiba pohon di dekat trotoar ambruk, kalau dilihat memang akarnya sudah rapuh. Nah, pas ambruk itu ada angkot lewat lalu tertimpa, tapi sopir maupun penumpangnya tidak apa-apa.Namun musibah itu menyebabkan kemacetan arus lalu lintas. Namun setelah batang pohon dipotong dan disingkirkan oleh warga dibantu petugas SAR BPBD dan anggota TNI/Polri arus kembali lancar.
     Kasi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, pada saat yang hampir bersamaan juga terjadi tanah longsor di Dusun Kedawung 2, Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat. Di tempat ini, dua rumah mengalami kerusakan akibat terkena longsoran tanah. Diutarakan di Dusun Kedawung 2 ada tanah longsor sepanjang 25 meter dengan tinggi kurang lebih 15 meter menimpa rumah dan kandang Agus Sutaryo (62). Tiga ekor kambing miliknya mati tertimpa longsor dengan kerugian ditaksir Rp 15 juta. Lalu di titik lain longsoran tanah setinggi 10 meter denga panjang 30 meter menimpa rumah Suyono (60) dengan kerusakan atap.Wilayah Kedawung selama ini memang kerap dilanda longsor karena tanahnya labil dan permukiman terletak di ketinggian bukit dengan kemiringan curam. Maka saat terjadi hujan lebat dengan intensitas lama, bisa dipastikan akan terjadi longsor. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait