Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Temanggung

ALUR SUNGAI BRANGKONGAN DIALIHKAN

Selasa, 07 Maret 2017 Umum

TEMANGGUNG, Sebagai langkah antisipasi agar rumah pemukiman warga di dusun Ngesrep Desa Ringinanom Kecamatan Parakan terhindar dari terjangan banbjir, maka alur sungai Brangkongan dialihkan. Pengalihan dilakukan oleh warga masyarakat dibantu para relawan termasuk pejabat Muspika dan anggota Banser.
     Kades Ringinanom, Istachori, Senin (6/3) mengatakan warga masayarakat dibantu para relawan Minggu kemarin bekerja bakti  mengalihkan aliran Sungai Brangkongan, yakni, aliran air yang ada di pinggir sungai tersebut dialihkan semuanya ke tengah sungai. Dengan dialihkan aliran sungai diharapkan manakala terjadi banjir tidak menyambar rumah warga yang berada di tepian sungai sehingga bisa selamat. Pasalnya jika tidak dialihkan air bisa  menggerus tebing di pinggir sungai. Sehingga bisa mengakibatkan longsor. Terlebih, intensitas hujan saat ini masih tinggi.
     Dikemukakan pengalihan aliran tersebut dilakukan dengan cara mengeruk tanah permukaan sungai di bagian tengah. Sehingga posisinya menjadi lebih rendah atau lebih dalam daripada di bagian pinggir. Sebaliknya, untuk bagian pinggir ditinggikan dengan ditumpuki batu dan tanah. Sehingga air pun mengalir ke tengah. (Hms17/Edy Laks)

Berita Terkait